Media Asing Sorot Lonjakan Kasus Covid-19 Harian Indonesia Jelang Idul Fitri

Kompas.com - 23/05/2020, 21:36 WIB
Ilustrasi. FREEPIKIlustrasi.

KOMPAS.com - Dilansir The Guardian, Indonesia mencatat lonjakan angka kasus infeksi virus corona jelang perayaan Idul Fitri.

Pada Kamis (21/5/2020), negara itu melaporkan 973 infeksi baru, sehingga jumlah total kasus yang dikonfirmasi menjadi 20.162. Kini, per Sabtu (23/5/2020) angka infeksi meningkat menjadi 21.745 berdasarkan www.covid19.go.id.

Pihak berwenang telah meminta militer dan polisi untuk mencegah kedatangan di Jakarta sampai pembukaan kembali penuh modal diizinkan.

Baca juga: Mengintip Perayaan Idul Fitri di Belahan Dunia Lain Saat Pandemi Corona...

Selain itu, Indonesia tahun ini juga dikabarkan mengalami kesulitan perekonomian. Sekaligus mengalami perayaan Idul Fitri yang berbeda dari sebelumnya.

Bertamu dan berjumpa sanak saudara kini tertunda karena aturan pembatasan sebagai bentuk pencegahan virus corona, dengan para warga yang banyak tertahan di Ibu kota Jakarta dengan pendapatan minim atau bahkan tiada pendapatan sama sekali.

Presiden Joko Widodo telah melarang perjalanan mudik ke kampung halaman selama libur Idul Fitri, meski begitu, ribuan orang dilaporkan telah menjalankan perjalanan mudik pada pekan ini, tidak mengacuhkan potensi penularan wabah virus corona.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Idul Fitri Dilaksanakan pada Hari Minggu

Masjid-masjid di Indonesia izinkan shalat Id berjemaah

Dilansir ABC Australia, media itu menyoroti bagaimana masjid-masjid di Indonesia mengizinkan Muslim melakukan shalat Id berjemaah.

Tak hanya itu, umat Muslim juga diketahui banyak memadati mal, pusat perbelanjaan tanpa menghiraukan social distancing terlebih physical distancing.

Padahal, pihak pemuka agama Islam di Indonesia sudah mengarahkan agar umat Islam beribadah shalat Id di rumah untuk menghentikan laju penularan virus corona.

Nahdlatul Ulama, organisasi Muslim terbesar di Indonesia telah merilis fatwa pada Rabu (20/5/2020) bahwa shalat Id tidak boleh dilakukan di mana pun kecuali di dalam rumah masing-masing.

Baca juga: Selamat Hari Raya Idul Fitri, Ini 20 Ucapan Lebaran 2020

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X