"Yang Saya Lihat Hanya Api"

Kompas.com - 23/05/2020, 15:53 WIB
Petugas penyelamat membawa jenazah di luar kamar mayat rumah sakit, setelah pesawat Pakistan International Airlines jatuh di Karachi, pada 22 Mei 2020. REUTERS PHOTO/AKHTAR SOOMROPetugas penyelamat membawa jenazah di luar kamar mayat rumah sakit, setelah pesawat Pakistan International Airlines jatuh di Karachi, pada 22 Mei 2020.

KARACHI, KOMPAS.com - Salah satu penumpang pesawat Pakistan International Airlines yang menghantam permukiman di Karachi, mengungkapkan pengalamannya.

Muhammad Zubair adalah satu dari dua penumpang selamat, ketika pesawat jenis Airbus A320 itu menabrak rumah pada Jumat waktu setempat (22/5/2020).

Otoritas kesehatan di Provinsi Sindh menerangkan, 97 orang terkonfirmasi tewas, dengan penyebab jatuhnya Pakistan International Airlines diselidiki.

Baca juga: Saksi: Mayat Jatuh dari Langit Saat Pesawat Pakistan PIA Jatuh

Menurut keterangan pejabat anonim kepada Reuters, ada kemungkinan pesawat itu jatuh karena gagal mengangkat bagian bawah.

Foto yang menyebar di media sosial memperlihatkan adanya tanda hangus di bawah kedua mesin, dengan tidak adamya bagian bawah pesawat saat jatuh.

Insiden itu terjadi beberapa hari setelah Pakistan membuka kembali penerbangan komersial, yang sempat ditutup karena virus corona.

Bagaimana Muhammad Zubair meloloskan diri?

Penerbangan PK8303, membawa 91 penumpang dan delapan kru, termasuk mereka yang hendak pulang untuk Idul Fitri, berangkat dari Lahore.

Saat mendekati Bandara Internasional Jinnah, Karachi, pada pukul 14.30 waktu setempat, pesawat Airbus A320 itu mulai menurun.

Zubair, yang menderita sejumlah luka minor, mengungkapkan pesawat itu sempat mencoba mendarat sebelum jatuh 1-15 menit kemudian.

Baca juga: Kecelakaan Pesawat Pakistan International Airlines di Karachi, 97 Tewas, 2 Selamat

"Tidak ada yang menyangka pesawat ini bakal jatuh. Sebab, terbangnya sangat mulus," jelasnya seperti diwartakan BBC Sabtu (23/5/2020).

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X