Umat Katolik Kota di Perancis Gelar Misa di Tempat Parkir

Kompas.com - 19/05/2020, 16:00 WIB
Pastor mengenakan masker berjalan melewati mobil-mobil yang berpartisipasi dalam misa drive thru pertama di Chalons-en-Champagne, Perancis, pada 17 Mei 2020. REUTERS PHOTO/Pascal RossignolPastor mengenakan masker berjalan melewati mobil-mobil yang berpartisipasi dalam misa drive thru pertama di Chalons-en-Champagne, Perancis, pada 17 Mei 2020.

CHALONS-EN-CHAMPAGNE, KOMPAS.com - Umat Katolik sebuah kota di Perancis menggelar misa di tempat parkir, kebijakan pertama sejak lockdown diberlakukan dua bulan lalu.

Ibadah itu digelar di kota Chalons-en-Champagne, dimulai dengan pastor dengan jubah putih dan mengenakan masker hitam muncul dalam prosesi.

Dilansir Reuters Minggu (17/5/2020), umat Katolik yang memadati tempat parkir membunyikan klakson, dengan himne mulai dilantunkan.

Baca juga: Gelar Misa Minggu Paskah, Paus Fransiskus Doakan Korban Virus Corona

Uskup lokal, Francois Touvet, berdiri di podium depan mobil itu untuk memimpin misa. Para pastor lalu berkeliling membagikan komuni.

Hantaman virus corona membuat pemerintah seluruh dunia menerapkan aturan ketat melalui lockdown untuk mencegah infeksi, termasuk Perancis.

Pemerintah memang mulai melonggarkan karantina wilayah pada 11 Mei, namun ibadah secara indoor tetap dilarang hingga akhir bulan.

Uskup Touvet menerangkan, mewabahnya Covid-19 membuat umat Katolik, seperti halnya umat di agama lain, tidak bisa menggelar ibadah di dalam ruangan.

"Karena itu, kami dengan cepat muncul dengan ide menggelar ibadah secara drive through," jelas Touvet menceritakan bagaimana misa itu terjadi.

Baca juga: Dobrak Tradisi Ratusan Tahun, Paus Fransiskus Pimpin Misa Paskah Tanpa Umat via Livestream

Masker dan sanitiser

Uskup Touvet menjelaskan, umat yang datang biasanya berasal dari rumah atau apartemen yang sama, dan sebelumnya membawa gel alkohol dan masker.

Panitia berusaha menerapkan pembatasan sosial dengan jarak antara mobil satu meter, dengan setelah memberi komuni, pastor akan mencuci tangannya.

Umat dilarang keluar dari mobilnya, mengajak orang dari daerah lain ke satu mobil, dengan total penumpang termasuk sopir adalah empat orang.

Sejauh ini, Perancis melaporkan 1709.927 kasus penularan virus corona, dengan 28.239 di antaranya dinyatakan meninggal.

Salah satu umat yang bernama Michelle mengaku senang karena dia akhirnya bisa kembali mengikuti misa meski hanya dari lahan parkir.

"Memang misa ditayangkan di televisi. Namun sensasinya tidak sama dengan mengikuti ibadah bersama yang lain saat Minggu," tuturnya.

Baca juga: Di Tengah Lockdown Virus Corona, Paus Fransiskus Pimpin Misa Jumat Agung

Baca tentang

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X