TKI di Singapura Tidak Mudik 9 Tahun dan Tertunda Lagi karena Covid-19

Kompas.com - 18/05/2020, 19:48 WIB
Feti Yuliantikah Dokumentasi Pribadi Feti YuliantikahFeti Yuliantikah

SINGAPURA, KOMPAS.com – Kisah pilu dialami dua orang Tenaga Kerja Indonesia ( TKI) yang mengadu nasib di Singapura. Mereka tidak bisa mudik, dan salah satunya bahkan sudah 9 tahun tidak pulang ke Tanah Air.

Kisah penantian panjang 9 tahun tidak mudik itu dialami Feti Yuliantikah. Sayangnya, tahun ini keinginannya untuk berjumpa di kampung halaman saat Lebaran 2020 kembali harus tertunda karena situasi pandemi Covid-19.

“Seharusnya saya mudik Sabtu lalu tanggal 16 Mei. Rencananya saya akan pulang ke Tanah Air selama 1 bulan hingga 14 Juni. Tiket sudah saya pesan jauh-jauh hari sejak bulan Februari. “ Feti mengawali ceritanya ketika berbincang dengan Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

Baca juga: Yayasan Temasek Singapura Kirim Bantuan Perangi Covid-19 ke 3 Daerah di Indonesia

Rencana mudik tahun ini dikatakannya sangat spesial bagi perempuan dari kota Ponorogo, Jawa Timur tersebut.

Sudah 9 tahun lamanya dia bekerja di Negeri "Singa" dan selama kurun waktu itu juga Feti belum berkesempatan pulang merayakan Lebaran bersama keluarganya.

“Saya biasanya mudik setiap 2 tahun pada akhir tahun menunggu pembaruan masa kontrak saya. Seharusnya saya cuti awal Januari 2020, tetapi tahun ini majikan dan saya sepakat untuk menggesernya ke liburan Lebaran.” tutur perempuan berusia 35 tahun ini.

Apa daya, rencana tinggal rencana. Feti tak sanggup menutupi kesedihannya namun percaya keselamatan dan kesehatan jauh lebih penting.

“Rasanya sangat sedih. Kesedihan yang sungguh tak terbayangkan. impian saya untuk bertemu dan berkumpul dengan keluarga di momen “Hari Kemenangan” batal. Saya tidak tahu harus tertahankan sampai kapan penantian 9 tahun ini.

"Saya sangat ingin sungkem dengan bapak dan juga mengunjungi makam ibu di akhir bulan suci Ramadhan,” ucap Feti menyampaikan kegundahan hatinya.

Baca juga: Umpat Polisi Terkait Virus Corona, WNI Diadili di Singapura

Feti mengutarakan bahwa ibundanya meninggal beberapa tahun silam sehingga belum berkesempatan berziarah di bulan Ramadhan.

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X