2.100 Bar di Korsel Tutup, Usai 1 Orang Positif Covid-19 "Nongkrong"

Kompas.com - 18/05/2020, 17:03 WIB
Seoul, Korea Selatan Dok. Korea Tourism OrganizationSeoul, Korea Selatan

SEOUL, KOMPAS.com - Lebih dari 2.100 bar termasuk kelab malam dan diskotik di Seoul, Korea Selatan, tutup setelah ada 1 orang positif Covid-19 yang nongkrong di sana.

Sebab, pria 29 tahun itu ternyata telah menulari 18 orang lainnya dan memunculkan klaster baru virus corona di Negeri "Ginseng".

Sky News pada Sabtu (9/5/2020) memberitakan, pra itu mengunjungi 3 kelab malam di distrik Itaewon Seoul, sebelum dinyatakan positif Covid-19 pada Selasa (12/5/2020).

Baca juga: Kabar Baik, Korsel Sukses Turunkan Kasus Baru Covid-19 ke 1 Digit Sehari

Lelaki tersebut tidak mengenakan masker di dalam ruangan, menurut Jeong Eun-kyeong direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea.

Daftar pengunjung menunjukkan ketiga tempat itu memiliki lebih dari 1.500 pengunjung secara gabungan pada Sabtu (9/5/2020).

Para pejabat lalu mendesak orang-orang yang mendatangi kelab Itaewon - termasuk King Club, Trunk Club, dan Club Queen - antara 29 April sampai 6 Mei, untuk melakukan tes Covid-19 dan menahan diri tidak bepergian guna mencegah penularan tambahan.

Baca juga: Kasus Infeksi Baru Virus Corona di Seoul Berasal dari Kelab Malam

Kemudian, semua kelab malam dan bar di Korea Selatan disarankan untuk ditutup selama sebulan.

Di akhir pekan sebelumnya, warga Korsel kembali memadati tempat-tempat hiburan setelah pemerintah melonggarkan aturan social distancing.

Akan tetapi tempat-tempat hiburan itu diperintahkan untuk tetap melakukan pemeriksaan suhu, menyimpan daftar pelanggan, dan memastikan para pekerja mengenakan masker.

Baca juga: Kluster Infeksi Baru, Presiden Korea Selatan Minta Warganya Tidak Panik

Penutupan dilakukan setelah ditemukan 18 kasus baru virus corona di Korsel dalam 24 jam saat itu.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Sky News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X