120 Kru Kapal Pesiar Jerman Direpatriasi ke Indonesia

Kompas.com - 15/05/2020, 17:13 WIB
Repatriasi kru kapal pesiar Jerman yang difasilitasi oleh KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt. KBRI BerlinRepatriasi kru kapal pesiar Jerman yang difasilitasi oleh KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt.

KOMPAS.com - Setidaknya sebanyak 120 kru kapal atau ABK dari kapal pesiar Jerman Mein Schiff 4 dan 6 tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Indonesia pada Sabtu (9/5/2020). Mereka dipulangkan ke tanah air menggunakan pesawat komersial.

KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt memfasilitasi penerbangan pemulangan tersebut. Para ABK Indonesia dipulangkan dari Jerman pada Jumat (8/5/2020) dan sampai di Indonesia sehari setelahnya.

Ini adalah pemulangan tahap kedua untuk kru MS 4. Sebelumnya pada 16 April 2020, MS 4 telah memulangkan 56 krunya ke Indonesia.

Sebelumnya lagi telah dipulangkan sedikitnya 239 kru kapal pesiar AIDAstella dan AIDAnova pada 2 Mei 2020.

Baca juga: Pemerintah Didesak Perbaiki Aturan Perlindungan bagi ABK

Dipulangkan dengan pesawat komersial

Berbeda dengan pemulangan kru kapal pesial AIDA, pemulangan oleh grup Mein Schiff dilakukan dalam kelompok yang lebih kecil.

Pemulangan oleh kru kapal Mein Schiff yang tergabung dalam grup Touristik Union International (TUI) Cruises ini dilakukan dengan menggunakan pesawat komersial.

Para kru ini pada Jumat diterbangkan dengan pesawat Qatar Airways dari dua bandara di Jerman, yaitu Frankfurt dan München menuju Doha di Qatar untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia. Para kru akan tiba di Cengkareng pada Sabtu sore.

Baca juga: Kasus Kapal Long Xing 629 yang Menguak Masalah Perlindungan ABK WNI di Kapal Asing

Masa kontrak habis

Melalui e-mail, komunikasi antara KBRI Berlin dengan Katharina Rinne, Direktur Revenue Management & Pricing TUI Cruises, diketahui bahwa kru yang dipulangkan ke Indonesia adalah mereka yang masa kontraknya sudah habis atau akan habis dalam jangka waktu 30-60 hari mendatang.

Akibat pandemi Covid-19, perusahaan tidak lagi beroperasi sejak pertengahan Maret.

Duta Besar RI di Berlin, Arif Havas Oegroseno, menyebutkan bahwa koordinasi dengan pihak perusahaan kapal pesiar Jerman dapat berjalan dengan baik.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X