Kim Jong Un dan Para Wanita di Lingkar Kekuasaannya

Kompas.com - 10/05/2020, 23:47 WIB
Foto yang dirilis pada 27 April 2018 memperlihatkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani buku tamu di sebelah adik sekaligus penasihatnya, Kim Yo Jong, di desa perbatasan terpercaya Panmunjeom, Korea Selatan. AP/Korea Summit Press PoolFoto yang dirilis pada 27 April 2018 memperlihatkan, Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menandatangani buku tamu di sebelah adik sekaligus penasihatnya, Kim Yo Jong, di desa perbatasan terpercaya Panmunjeom, Korea Selatan.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un masih dalam terkaan banyak pihak, apakah dia masih hidup ataukah sudah mati seperti rumor kebanyakan?

Yang pasti, Kim yang dijuluki The Rocket Man itu memiliki tiga wanita tangguh yang berada dalam lingkar kekuasaannya.

Dilansir New York Post, dalam beberapa pekan terakhir, adik Kim yang punya posisi kuat, Kim Yo Jong menjadi pusat perhatian media.

Banyak yang mengatakan kalau sosok Yo Jong mampu menggantikan Kim Jong Un apabila pemimpin besar itu meninggal dunia atau pun mengalami sakit parah.

Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019.Jorge Silva/REUTERS Kim Yo Jong adik perempuan Kim Jong Un, saat menghadiri upacara peletakan karangan bunga di Ho Chi Minh Mausoleum di Hanoi, Vietnam, pada 2 Maret 2019.

Baca juga: Seberapa Kuat Kekuasaan Kim Yo Jong jika Kim Jong Un Meninggal?

Selain itu, juga ada sosok Ri Sol Ju, istri Kim yang dulunya adalah mantan penyanyi dan pemandu sorak.

Pernikahan Kim dan Ri Sol Ju diatur, seperti kebiasaan di Korea Utara. Mereka punya dua atau mungkin tiga anak dari hasil pernikahan mereka.

Sementara itu, seorang mantan analis CIA, Jung H Pak dalam buku barunya mengklaim bahwa Kim Jong Un melihat dirinya sebagai sosok orang Korea yang gagah layaknya Presiden John F Kennedy dan istrinya yang modis.

Istri Kim, Ri Sol Ju juga dianggap mampu bertindak layaknya Ibu Negara Amerika Serikat, Jackie Kennedy yang ikonik.

“Saya tidak berpikir istri Kim memiliki ambisi menjadi pemain politik yang nyata tetapi dia dihormati kalangan elit,” analis Korea Utara Bruce Bechtol, mantan anggota Badan Intelijen Pertahanan, mengatakan kepada the Post.

"Dia benar-benar cantik, saya pikir dia dan anak-anaknya akan tetap aman jika sesuatu terjadi pada Kim. Mereka tidak akan membunuhnya, seperti membunuh paman Kim.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X