Kasus Infeksi Baru Virus Corona di Seoul Berasal dari Kelab Malam

Kompas.com - 10/05/2020, 16:55 WIB
Pemberitahuan dipasang di pintu masuk klub dansa yang ditutup sementara di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 10 Mei 2020. AP/Ahn Young-joonPemberitahuan dipasang di pintu masuk klub dansa yang ditutup sementara di Seoul, Korea Selatan, Minggu, 10 Mei 2020.

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan pada Minggu (10/5/2020) melaporkan sebanyak 34 kasus infeksi baru virus corona yang berasal dari kelab malam di Seoul.

Pihak Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Korea melaporkan penambahan angka tersebut menjadikan total keseluruhan infeksi sebanyak 10.874 termasuk 256 angka kematian akibat virus corona.

Badan itu mengatakan sebanyak 26 dari 34 pasien baru merupakan kasus penularan lokal, sisanya adalah kasus impor. Itu kasus yang meningkat di atas angka 30 pertama kalinya dalam kurun waktu sebulan.

Kebanyakan kasus yang terjadi beberapa hari belakangan itu berkaitan dengan kelab malam di lingkungan Seoul Itaewon Entertainment.

Seorang pria berusia 29 tahun telah mengunjungi tiga kelab malam sebelum akhirnya positif terjangkit virus corona pekan lalu.

Baca juga: Sempat Melandai, Kasus Corona di Korea Selatan Kembali Melonjak, Ini Penyebabnya...

Wali kota Seoul, Park Won Soon pada Sabtu (9/5/2020) telah meminta lebih dari 2.100 kelab malam, bar dan tempat disko untuk ditutup dan mendesak warga untuk melakukan tindakan anti-virus.

Pada Minggu (10/5/2020), gubernur Provinsi Gyeonggi memerintahkan dua pekan penutupan seluruh kelab malam.

"Infeksi klusternya yang baru-baru ini terjadi di fasilitas hiburan, telah meningkatkan kesadaran bahwa bahkan selama fase stabil, situasi serupa bisa saja meningkat, kapan pun, di mana pun, di sebuah tempat tertutup dan tempat yang padat," ungkap Presiden Korea Selatan, Moon Jae In.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X