Kim Jong Un Puji Respons Covid-19 China, Saat Korut Kecam Latihan Militer Korsel

Kompas.com - 08/05/2020, 19:59 WIB
Kim Jong Un dikabarkan muncul lagi setelah 20 hari absen dan dirumorkan sakit bahkan meninggal dunia. APKim Jong Un dikabarkan muncul lagi setelah 20 hari absen dan dirumorkan sakit bahkan meninggal dunia.

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un memuji penanganan Covid-19 di China, di hari yang sama saat negaranya mengecam latihan militer Korea Selatan.

Sewaktu mengecam latihan militer Korsel pada Jumat (8/5/2020), Korut mengatakan situasinya bagaikan kembali ke sebelum pemulihan hubungan diplomatik pada 2018.

Pyongyang pada Jumat mengecam latihan militer Korsel yang digelar di Laut Kuning minggu ini.

Baca juga: Korea Utara dan Korea Selatan Baku Tembak di Zona Demiliterisasi

"Semuanya sekarang kembali ke titik awal sebelum pertemuan Korut-Korsel pada 2018," kata seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan di KCNA, sebagaimana dikutip oleh AFP.

Latihan ini "menyadarkan kita sekali lagi pada kenyataan yang jelas bahwa musuh tetap musuh sepanjang waktu.," katanya sembari menambahkan situasi "menuntut reaksi kita."

Sementara itu Kim Jong Un secara resmi memberi selamat kepada China atas "keberhasilan" mengendalikan pandemi virus corona. Hal ini diberitakan oleh media pemerintah Korut KCNA.

Baca juga: China Izinkan WHO Selidiki Penanganan Covid-19, Setelah Pandemi Berakhir

Kepada Presiden Xi Jinping, Kim Jong Un mengatakan dia ikut senang China berhasil menangani Covid-19, sama seperti Korut yang sejauh ini belum mencatatkan satu pun kasus.

KCNA menambahkan, Kim Jong Un "mengirim salam militan kepada setiap anggota Partai Komunis China."

Rumor sempat beredar mengitari Kim Jong Un akibat menghilang dari hadapan publik selama berminggu-minggu, sejak absen menghadiri ulang tahun kakeknya pada 15 April.

Baca juga: Beragam Rumor Kim Jong Un, dari Isu Kembaran hingga Sengaja Menghilang

Kakak Kim Yo Jong itu kemudian muncul lagi di depan umum akhir pekan lalu, saat meresmikan pabrik pupuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X