Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madonna Ungkap Dirinya Baru Saja Pulih dari Infeksi Covid-19

Kompas.com - 08/05/2020, 08:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Ratu Pop Dunia, Madonna pada Kamis (7/5/2020) mengatakan bahwa dirinya baru saja pulih dari infeksi virus corona.

Dilansir media Perancis AFP, virus penyakit Covid-19 memaksa penyanyi sekaligus seniman kebangsaan Amerika Serikat itu untuk menarik serangkaian jadwal konsernya di Paris pada Februari dan Maret.

Madonna mengatakan kalau dirinya positif antibodi yang memungkinkan dirinya berarti positif Covid-19 namun tidak menyadarinya. "Saat ini saya (sudah) tidak sakit," ungkapnya kepada 15 juta pengikutnya di Instagram.

"Ketika Anda positif antibodi itu artinya Anda punya virus, hal itu jelas menyatakan kalau aku sakit di akhir tur di Paris tujuh pekan lalu bersama dengan artis lain di pertunjukanku."

Baca juga: Klaim Miliki Antibodi Corona, Madonna: Saya akan Bernapas di Udara Covid-19

Artis yang telah berusia 61 tahun ini menyanyikan sebuah lagu di Paris pada 22 Februari silam sebelum membatalkan pertunjukan selanjutnya dengan alasan 'cedera yang tengah berlangsung'.

Madonna kemudian membatalkan dua konser selanjutnya di Paris yaitu tur terakhir dari rangkaian tur dunia Madame X-nya setelah otoritas Perancis melarang perkumpulan besar untuk menghindari penyebaran virus corona di awal Maret.

"Saat itu, kami pikir kami hanya mengalami flu yang parah," kata Madonna di sebuah unggahan di sosial media, "Puji Tuhan kami semua kini sehat dan baik-baik saja sekarang."

Baca juga: Mengenang Mark Blum, Madonna: Virus Corona Bukan Lelucon!

Pakar ragu akurasi tes antibodi AS

Tanggal konser Madonna di Paris tampaknya 'terkutuk' karena pembukaan konser malam harinya tidak dimulai sampai usai tengah malam, bahkan tiga setengah jam terlambat.

Sementara itu, para pakar skeptis tentang keakuratan tes antibodi yang mengklaim dapat menunjukkan seseorang terinfeksi virus corona.

Beberapa memperingatkan bahwa meski tes antibodi itu telah berdasarkan standar informal pemerintah Amerika Serikat (AS), bisa saja hasil yang keluar salah.

Baca juga: Konser Ngaret 3 Jam, Madonna Kembali Digugat Penggemarnya

Madonna sendiri mengatakan kalau dirinya terjangkit virus corona setelah membagi sebuah artikel yang mengatakan bahwa dia telah mendonasikan 1.1 juta dolar AS (sekitar Rp 16,5 miliar) kepada penelitian untuk menemukan vaksin virus corona.

Madonna adalah satu sosok di antara 200 artis dan pakar ilmuwan lainnya yang menandatangani sebuah surat terbuka pada Rabu yang meminta perubahan radikal di seluruh dunia daripada meminta 'kembali ke normal' setelah lockdown akibat virus corona.

Bersama artis Hollywood lain, Cate Blanchett, Jane Fonda dan Marion Cotillard serta beberapa pemenang Nobel Prize, Madonna meminta agar dunia mengakhiri konsumerisme yang tak terkendali dan transformasi radikal ekonomi untuk membantu menyelamatkan planet Bumi.

Surat terbuka itu berbunyi, "Bencana ekologis yang sedang berlangsung (ini) adalah meta-krisis. Tidak seperti wabah, keruntuhan ekologi global akan memiliki konsekuensi yang tak terukur."

Menurut Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen pekan lalu, Madonna membuat donasi besar untuk dana yang diatur oleh Uni Eropa dalam upaya menemukan vaksin untuk Covid-19.

Baca juga: Konser Ngaret Dua Jam, Madonna Digugat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com