Kelompok ISIS Disebut Buang Jenazah Korbannya ke Jurang Suriah

Kompas.com - 05/05/2020, 07:33 WIB
Jurang al-Hota, berlokasi di dekat Raqqa, Suriah, yang disebut menjadi lokasi ISIS membuang jenazah korbannya. Human Rights Watch via BBCJurang al-Hota, berlokasi di dekat Raqqa, Suriah, yang disebut menjadi lokasi ISIS membuang jenazah korbannya.

DAMASKUS, KOMPAS.com - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) disebut membuang jenazah korban yang mereka culik di jurang di Suriah.

Dalam keterangan Human Rights Watch (HRW), penyelidikan mulai dilakukan setelah sebuah video dikirimkan pada 2014 menunjukkan aksi kejam kelompok itu.

Dalam video itu, anggota ISIS membuang jenazah ke dalam Jurang al-Hota sedalam 50 meter, dan yakin lokasi itu menjadi tempat pembuangan korban selama organisasi itu berkuasa.

Baca juga: Salah 1 Anggota ISIS Paling Dicari di Eropa Tertangkap di Spanyol

HRW menyatakan, mereka ingin agar otoritas lokal segera menyegel tempat itu, mengevakuasi mayat korban, dan menjadikannya bukti untuk keperluan penuntutan.

Dilansir BBC Senin (4/5/2020), lebih dari 20 kuburan massal dengan ribuan jasad di dalamnya ditemukan di sejumlah tempat di Suriah.

Di antara jenazah yang ditemukan, mereka diyakini merupakan aktivis, pekerja kemanusiaan, jurnalis, dan warga yang diculik dan dibunuh oleh teroris tersebut.

Sejak mengumumkan "kekhalifahan" di 2014, ISIS pernah menguasai area seluas 88.000 km persegi, dari barat Suriah menuju timur Irak, dan menerapkan pemerintahan brutal kepada delapan juta orang.

Jurang al-Hota, terletak sekitar 85 km dari Raqqa, kota yang dijadikan "ibu kota" oleh ISIS, sebenarnya merupakan tempat yang indah.

Namun peneliti HRW Suriah Sara Kayyali mengatakan, tempat itu berubah menjadi "horor sekaligus pembalasan dendam" begitu dikuasai kelompok itu.

"Melihat yang terjadi di sana, dan mungkin kuburan massal lainnya, penting menentukan apa yang terjadi pada ribuan korban yang dieksekusi, dan membuat pelakunya bertanggung jawab," tegas Kayyali.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X