Lockdown Virus Corona Dicabut, Warga Yunani Potong Rambut dan Beli Bunga

Kompas.com - 04/05/2020, 20:48 WIB
Seorang tukang potong rambut tengah memotong rambut pelanggan di kota Thessaloniki, Yunani, pada 4 Mei 2020. Yunani mulai memberlakukan pencabutan gradual lockdown untuk memerangi virus corona. REUTERS/MURAD SEZERSeorang tukang potong rambut tengah memotong rambut pelanggan di kota Thessaloniki, Yunani, pada 4 Mei 2020. Yunani mulai memberlakukan pencabutan gradual lockdown untuk memerangi virus corona.

ATHENA, KOMPAS.com - Salon potong rambut, toko bunga, dan toko buku mulai dibuka lagi sebagai bagian pencabutan bertahap lockdown di Yunani untuk memerangi virus corona.

Dari Senin pagi waktu setempat (4/5/2020), polisi melakukan inspeksi di bus dan stasiun metro untuk memastikan penumpang mengenakan masker.

Kemudian penegak hukum juga memeriksa toko, untuk memastikan pembatasan sosial dihormati oleh semua calon pembeli, dilaporkan Reuters.

Baca juga: Tak Potong Rambut 4 Bulan, Ari Lasso Tanya Netizen soal Tantangan Ariel NOAH

Kini, warga Yunani tidak membutuhkan alasan khusus untuk keluar rumah, seperti membeli bahan makanan, obat, atau sekada berolahraga.

Lalu lintas mulai meningkat di jalanan Athena dan kota besar lainnya, dengan antrean terjadi di luar toko peralatan elektronik.

Yunani, negara dengan populasi 11 juta orang, menerapkan lockdown untuk mencegah wabah virus corona selama enam pekan pada pertengahan Maret.

Mereka mencatatkan 2.626 kasus positif Covid-19 dengan 144 di antaranya meninggal. Jauh lebih sedikit dibandingkan negara Eropa lainnya.

Meski begitu, ekonomi negara yang pernah terkena krisis pada 2018 itu masih sulit digerakkan. Dikhawatirkan wabah bakal berdampak pada pariwisata.

Televisi setempat menayangkan tukang potong rambut tengah bekerja, dengan dirinya dan pelanggan sama-sama mengenakan masker bedah.

Sejumlah toko retail, seperti toko bunga, toko buku, penjual kacamata, dan layanan spa juga dibuka setelah mendapat izin pada Senin.

Jam kerja dari toko yang diizinkan buka bakal diperpanjang mengingat banyaknya pesanan yang mereka terima buntut tutup selama lockdown.

Sekolah, restoran, dan bar diperkirakan bakal buka pada akhir Mei. Sementara hotel di seantero negara bakal difungsikan per 1 Juni.

Baca juga: Isap Sabu untuk Potong Rambut Banyak Pelanggan, Tukang Cukur Masuk Bui

Baca tentang

Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X