Kompas.com - 26/04/2020, 16:26 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah kota Beijing melarang warganya "berperilaku tak beradab" agar lebih sehat di tengah wabah Covid-19.

Dalam undang-udang yang dirilis, otoritas ibu kota China itu tidak hanya menyasar peningkatan hidup bersih dari setiap warganya.

Namun juga memerangi Covid-19 yang saat ini sudah menginfeksi 82.000 orang di Negeri "Panda", sebagaimana diwartakan AFP Minggu (26/4/2020).

Baca juga: Update Virus Corona: 412.049 Orang Sembuh | Beijing Buka Sekolah Lagi

Dalam aturan mencegah "berperilaku tak beradab" itu, setiap pelanggar bakal diganjar denda jika tidak mengenakan masker di tempat umum saat sakit.

Pemerintah Beijing juga mewajibkan masyarakat menjaga jarak satu meter, dan meminta tempat publik menyediakan sumpit atau sendok jika ada warga yang makan bersama.

Warga juga diperintahkan "berpakaian secara rapi", tidak diperbolehkan berpakaian pendek atau yang disebut sebagai "Bikini Beijing".

Praktik berpakaian itu adalah setiap penduduk pria menggulung kaus mereka hingga menunjukkan perut saat kondisi cuaca tengah panas.

Berdasarkan keterangan media pemerintah Global Times, larangan "Beijing Bikini" bersifat total dan diterapkan ke seluruh lapisan masyarakat.

Sejauh ini, pemerintah lokal sudah melarang "perilaku tak beradab" lainnya, seperti meludah dan membuang sampah sembarangan.

Kemudian mengajak anjing jalan-jalan tanpa tali kekang, membuang sampah dari gedung tinggi, buang air besar di muka umum, hingga merokok di tempat umum.

Baca juga: KBRI di Beijing Akan Suplai Bahan Makanan ke 93 WNI di Wuhan

Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.