Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Absen dalam Perayaan HUT Tentara Korea Utara

Kompas.com - 25/04/2020, 19:02 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dilaporkan absen dalam perayaan Hari Ulang Tajun (HUT) angkatan bersenjata negaranya.

Media Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa media negara tertutup itu sudah memulai perayaan 88 tahun berdirinya Tentara Revolusi Rakyat Korea (KPRA).

Perayaan HUT tentara Korea Utara pada Sabtu ini (25/4/2020) dilangsungkan tanpa kehadiran Kim Jong Un sebagai panglima tertinggi.

Baca juga: Jika Kim Jong Un Meninggal dan Serangkaian Kabar Simpang Siur Lainnya

Hong Kong Satellite Television melaporkan bahwa Kim Jong Un meninggal, namun laporan tersebut belum terkonfirmasi oleh AS.

Kepada Newsweek, sumber dari Pentagon menerangkan bahwa militer Korut masih mempertahankan kesiapan mereka berdasarkan norma historis.

"Saat ini, belum terdapat bukti kuat bakal terjadinya perubahan signifikan dalam sektor pertahanan atau kepemimpinan nasional," ucap sumber itu.

Perayaan itu di tengah kabar China sebagai sekutu utama Pyongyang, mengirim tim berisikan dokter untuk memantau kondisi kesehatan Kim.

Terakhir kali Kim tampil di depan publik adalah saat memimpin rapat Dewan Politbiro Partai Buruh pada 11 April lalu, dilansir Reuters.

Pejabat dari China, Rusia, maupun Presiden AS Donald Trump sama-sama membantah Kim mengalami kondisi kritis sejak operasi kardiovaskular pada 12 April.

Spekulasi mengenai kesehatan Kim muncul setelah dia absen pada perayaan Hari Matahari, yang notabene adalah kakekhya sekaligus pendiri Korut, Kim Il Sung, pada 15 April.

Baca juga: Jika Kim Jong Un Meninggal, Inilah Urutan Kandidat Penggantinya

Setelah itu, Daily NK, media yang dikelola sebagian pembelot Korut, melaporkan bahwa Kim berada dalam kondisi kritis setelah menjalani operasi kardiovaskular.

Kim Jong Un yang dilaporkan beristirahat di sebuah vila menjalani pembedahan itu sebagai dampak dari obesitas, kelelahan bekerja, dan fakta dia adalah perokok berat.

Namun beberapa pekan kemudian, KCNA yang merupakan media resmi Pyongyang merilis kabar Kim menerima karangan bunga sebagai peringatan setahun dia mengunjungi Rusia.

Reuters memberitakan, pemimpin yang diyakini berusia 36 tahun itu masih hidup dan segera tampil di muka publik dalam waktu dekat.

Meski begitu, ini bukan pertama kalinya sang pemimpin tertinggi hilang dari sorot kamera. Pada 2016, dia sempat menghilang selama enam pekan.

Dia kemudian tampil menyapa rakyatnya sambil mengenakan tongkat. Berdasar intelijen Korsel, dia menjalani operasi pengangkatan kista dari pergelangan kakinya.

Baca juga: Di Tengah Kabar Meninggal, Kim Jong Un Jalan-jalan di Kota Wonsan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com