Kompas.com - 22/04/2020, 12:22 WIB
Ilustrasi virus corona ShutterstockIlustrasi virus corona

JEFFERSON CITY, KOMPAS.com - Negara Bagian Missouri di AS dilaporkan mengajukan gugatan meminta ganti rugi kepada pemerintah China, karena dianggap sengaja dan tak cukup cepat menghentikan virus corona.

Gugatan itu dilayangkan di tengah desakan Kongres untuk menghukum Beijing, dan kampanye Presiden Donald Trump di tengah kritikan yang dialamtkan kepadanya.

Missouri, negara bagian yang dipimpin Republik, mengajukan gugatan ke pengadilan federal berisi ganti rugi yang tak disebutkan jumlahnya.

Baca juga: China Minta AS Berhenti Menyalahkan Mereka atas Wabah Virus Corona

Selain itu, Jefferson City juga mendesak agar diadakan penyelidikan terhadap Negeri "Panda" atas dugaan penimbunan perlengkapan pelindung.

Jaksa Penuntut Missouri Eric Schmitt mengatakan, Beijing sudah berbohong kepada dunia tentang bahaya dan menularnya virus corona.

Schmitt juga menyebut negara itu membungkam dokter yang coba melontarkan peringatan, dan tidak berbuat banyak untuk menghentikan wabah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka harus mempertanggungjawabkan segala perbuatan mereka," tegas Schmitt sebagaimana diwartakan kantor berita AFP Selasa (21/4/2020).

Peluang gugatan itu untuk sukses cukup sulit, mengingat hukum AS, di bawah prinsip kekebalan berdaulat, melarang adanya tindakan mengadili negara lain.

Negara Bagian Missouri menekankan materi gugatan itu kepada Partai Komunis, yang mereka anggap bukan merupakan organ formal di China.

Berdasarkan informasi yang ada, Missouri kehilangan setidaknya puluhan miliar dollar AS karena virus corona dan upaya menghentikannya.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.