Kompas.com - 20/04/2020, 10:20 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) menuding AS memberikan keterangan "versi Hollywood' terkait insiden yang terjadi di Teluk.

Washington menyatakan, Teheran sudah melakukan "pendekatan memalukan" ketika mendekati enam kapanya pada Rabu pekan lalu (15/4/2020).

Tetapi dalam keterangan Iran, mereka hanya meningkatkan patroli di Teluk setelah Angkatan Laut AS menghalangi kapal mereka awal April ini.

Baca juga: Tensi Memanas, 11 Kapal Iran Kepung 6 Kapal AS

Tensi dua negara terus memanas pada tahun ini setelah Januari lalu, Pentagon membunuh jenderal top Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani.

Dalam klam IRGC, kapal AS sudah memblokade mereka sebanyak dua kali, menggunakan "aksi berbahaya dan tak mengindahkan peringatan".

Negara yang dipimpin Ayatollah Ali Khamenei itu menerangkan, mereka akan merespons "tegas" terhadap segala aksi provokasi dari musuh.

Insiden Teluk itu terjadi sehari setelah sekelompok orang, diduga personel IRGC, menahan kapal berbendera Hong Kong di Teluk Oman.

Diwartakan BBC Minggu (19/4/2020), kapal itu kemudian diarahkan ke perairan Iran sebelum mereka memutuskan untuk melepaskannya.

Baca juga: Jenderal Iran Qasem Soleimani Dibunuh AS, Korea Utara Larang Penggunaan Ponsel

Seperti apa kronologi versi AS?

Berdasarkan pernyataan AL AS, pasukan Garda Revolusi melakukan "aksi yang berhahaya serta provokasi" melawan kapal mereka.

Saat itu, militer Negeri "Uncle Sam' tengah melakukan latihan dilengkapi helikopter tempur Apache di perairan internasional.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.