Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karena Virus Corona, Ratu Elizabeth II Batalkan Pesta Ulang Tahun

Kompas.com - 19/04/2020, 14:15 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya dalam 68 tahun, Ratu Elizabeth II tak merayakan pesta ulang tahun dengan tradisi tembakan meriam kehormatan.

Berdasarkan keterangan sumber internal istana, Ratu merasa dia tidak pantas untuk merayakannya di tengah pandemi virus corona.

Istana diprediksi merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-94 pada 21 April di media sosial, dengan percakapan video atau telepon dengan anggota keluarga bakal dirahasiakan.

Baca juga: Momen Langka, Inilah 4 Pidato Kenegaraan Ratu Elizabeth II Selama 68 Tahun Bertakhta

Trooping the Colour, parade tradisional yang digelar pada pertengahan Juni juga untuk merayakan ulang tahun Ratu bakal ditiadakan.

Dilansir CNN Sabtu (18/4/2020), tradisi perayaan bagi pemimpin monarki Inggris itu pertama kali dilaksanakan di era Raja George II, 1748 silam.

Ratu yang juga panglima tertinggi angkatan bersenjata Inggris nantinya berkesempatan untuk melakukan pemeriksaan pasukan kehormatan.

Parade tersebut biasanya digelar dari Istana Buckingham hingga ke Mall dengan Parade Pasukan Berkuda, dengan anggota kerajaan menaiki kuda atau di kereta.

Tahun lalu, perayaan itu dimeriahkan oleh lebih dari 200 ekor kuda, 400 musisi, dan sekitar 1.400 petugas Kerajaan Inggris.

Sumber istana menerangkan, sejauh ini belum ada rencana alternatif untuk merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth II di tengah wabah virus corona.

Ratu yang berkuasa sejak 6 Februari 1952 itu dalam sebuah momen langka tampil di televisi, dan menyerukan persatuan untuk menghadapi pandemi.

Hingga Sabtu waktu setempat, London sudah mengumumkan 114.217 kasus penularan Covid-19, dengan setidaknya 15.464 meninggal.

Perdana Menteri Boris Johnson termasuk dalam salah satu pasien positif, di mana kondisinya dilaporkan sempat memburuk pada 6 April.

Dia kemudian diizinkan pulang dari rumah sakit pada 12 April. Selain Johnson, Pangeran Charles juga terpapar virus corona.

Baca juga: Beri Pidato di Tengah Virus Corona, Ratu Elizabeth II: Kita Akan Menang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com