Menteri Pendidikan Spanyol: Tidak Ada Anak Sekolah yang Gagal karena Virus Corona

Kompas.com - 16/04/2020, 16:30 WIB
Ilustrasi belajar monkeybusinessimagesIlustrasi belajar

MADRID, KOMPAS.com - Pada Rabu (15/4/2020), Menteri Pendidikan Spanyol Isabel Celaa mengatakan bahwa tidak ada anak muda Spanyol yang akan gagal di tahun ajaran sekolah karena krisis wabah virus corona.

Dan hanya dalam keadaan pengecualian, seseorang harus mengulang tahun (ajaran) itu.

Melansir media Perancis AFP, Semua lembaga pendidikan di Spanyol telah ditutup sejak pertengahan Maret ketika pemerintah memberlakukan lockdown nasional untuk memperlambat penyebaran virus yang kini telah menewaskan lebih dari 18.500 orang di seluruh negeri.

Baca juga: Tangani Covid-19, Jepang Siap Perluas Darurat Nasional ke Seluruh Negeri

Dengan lockdown serupa di seluruh dunia yang membuat sekitar 850 juta anak muda tidak belajar di dalam sekolah, hal itu telah menciptakan "tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Tantangan bagi pemerintah dan pendidik. Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) mengatakan, pihak berwenang sekarang mempertimbangkan nasib tahun ajaran yang terganggu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sebuah konferensi pers yang disiarkan televisi Spanyol, Menteri Pendidikan Spanyol Isabel Celaa mengatakan tidak ada anak yang akan gagal tahun ini karena krisis virus corona.

Dan bahwa pihak berwenang akan menyediakan program mengejar ketinggalan secara sukarela selama musim panas.

Baca juga: Banyak Kasus Orang Hilang, Meksiko Larang Kremasi Korban Covid-19

"Tidak ada anak yang akan gagal tahun ajaran (ini) karena Covid-19," kata Celaa.

Dia memuji "kesabaran dan upaya besar" yang dilakukan oleh anak-anak, keluarga mereka dan staf pengajar dalam menghadapi "tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya".

Dia mengatakan tahun ajaran tidak akan berakhir setelah Juni, ketika biasanya berakhir dan selama liburan musim panas.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X