Kompas.com - 16/04/2020, 15:19 WIB
Seorang perempuan migran menunggu di luar apotek Global Response Management di perkemahan migran, tempat lebih dari 2.000 orang tinggal sambil mencari suaka di AS. Foto diambil di Matamoros, Meksiko, pada 9 April 2020. DANIEL BECERRIL/REUTERSSeorang perempuan migran menunggu di luar apotek Global Response Management di perkemahan migran, tempat lebih dari 2.000 orang tinggal sambil mencari suaka di AS. Foto diambil di Matamoros, Meksiko, pada 9 April 2020.

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Meksiko melarang korban meninggal Covid-19 dikremasi, agar tetap bisa menelusuri pencarian puluhan ribu orang yang hilang selama bertahun-tahun karena kasus narkotika.

Keputusan tersebut diumumkan oleh seorang pejabat senior pada Selasa malam (14/4/2020).

Pengumuman ini sekaligus membalikkan panduan pemerintah sebelumnya dalam menangani korban meninggal virus corona, yang "lebih baik" dikremasi.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Wali Kota Meksiko Ditembak Mati | Kepala WHO Dilecehkan

"Di negara di mana ada orang-orang yang hilang, sesuatu yang merupakan tragedi sosial monumental, ada hukum korban yang mengatakan ini seharusnya tidak terjadi," kata pejabat kesehatan senior Hugo Lopez-Gatell.

"Anda harus tetap membuka kemungkinan mencari orang yang hilang setiap saat," lanjut Lopez-Gatell dikutip dari AFP.

Lopez-Gatell juga bertanggung jawab atas strategi penanganan virus corona oleh pemerintah.

Baca juga: Terapkan Lockdown untuk Cegah Covid-19, Wali Kota Meksiko Ditembak Mati Geng Kriminal

AFP mengabarkan, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Meksiko akan menandatangani perjanjian melarang kremasi dalam beberapa hari mendatang.

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X