Lockdown India: Polusi Berkurang, Himalaya pun Bisa Dipandang

Kompas.com - 10/04/2020, 19:33 WIB
Pegunungan Himalaya terlihat dari pemukiman penduduk di India utara. Momen langka ini bisa terjadi lantaran berkurangnya polusi udara, dampak dari lockdown yang diterapkan India untuk mencegah penyebaran virus corona. Twitter @DeewaliaPegunungan Himalaya terlihat dari pemukiman penduduk di India utara. Momen langka ini bisa terjadi lantaran berkurangnya polusi udara, dampak dari lockdown yang diterapkan India untuk mencegah penyebaran virus corona.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Orang-orang di negara bagian Punjab, India utara, terkagum-kagum saat mereka akhirnya bisa melihat pegunungan Himalaya.

Pegunungan terkenal itu kini bisa terlihat dari jarak sekitar 160 kilometer di Punjab, karena turunnya polusi udara yang disebabkan kebijakan lockdown.

Orang-orang India di kota Jalandhar dan daerah sekitarnya telah mengunggah foto-foto Himalaya secara online, yang mereka ambil dari kediaman masing-masing.

Baca juga: Lockdown karena Virus Corona, Monyet dan Gajah Masuk ke Jalanan India

Dilansir dari CNN, beberapa orang mengaku mereka belum pernah melihat puncak Himalaya selama beberapa dekade.

"Untuk pertama kalinya dalam hampir 30 tahun (saya) dapat dengan jelas melihat Himalaya, karena lockdown India yang mengurangi polusi. Sangat menakjubkan," tulis Manjit K. Kang di Twitter-nya.

Fenomena langka ini bisa terjadi kemungkinan karena peningkatan kualitas udara dalam beberapa pekan terakhir, setelah pabrik tutup, kendaraan tidak bersliweran di jalan, dan maskapai membatalkan penerbangan, dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

Baca juga: Diancam Trump, India Perlunak Larangan Ekspor Obat Malaria untuk Obati Covid-19

Di Delhi ada pengurangan polusi sekitar 44 persen dalam tingkat polusi udara PM10 pada hari pertama lockdown. Demikian temuan dari Dewan Kontrol Polusi Pusat India.

Standar PM10 mengukur partikulat di udara dengan diameter 10 mikrometer atau lebih kecil.

Laporan tersebut mengatakan, secara keseluruhan 85 kota di India mengalami penurunan polusi udara pada minggu pertama lockdown nasional.

Baca juga: Melahirkan di Tengah Lockdown, Ibu di India Namai Bayi Kembarnya Corona dan Covid

Sementara itu kualitas udara di Jalandhar yang terletak sekitar 161 kilometer dari Himalaya, mendapat predikat "Baik" pada indeks nasional negara, selama 16 dari 17 hari sejak lockdown diumumkan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X