[Biografi Tokoh Dunia] Bernie Sanders, Pemerhati Rakyat Kecil

Kompas.com - 10/04/2020, 18:30 WIB
Senator Vermont dan bakal Calon Presiden Partai Demokrat Bernie Sanders AFPSenator Vermont dan bakal Calon Presiden Partai Demokrat Bernie Sanders

KOMPAS.com - Bernie Sanders merupakan nama panggilan dari Bernard Sanders. Dia lahir pada 8 September 1941, di Brooklyn, New York, AS.

Sanders merupakan politisi Amerika yang pertama kali terpilih untuk mewakili Vermont di Senat AS pada 2006 dan mulai menjabat pada tahun berikutnya.

Karier politik Sanders sebelum menjadi Senat AS adalah sebagai walikota Burlington (1981–1989), Vermont. Selain itu, Sanders juga pernah menjabat sebagai anggota DPR AS (1991–2007).

Secara formal, Sanders tidak terafiliasi dengan partai politik mana pun, dia mencari dukungan melalui Partai Demokrat di pemilihan presiden AS 2016 dan 2020.

Namun, pada Rabu (8/4/2020) Sanders mengumumkan dirinya mundur sebagai calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Baca juga: [Biografi Tokoh Dunia] Donald Trump, dari Pebisnis sampai Jadi Presiden Amerika Serikat

Masa kecil dan pendidikan Sanders

Sanders merupakan anak dari orang tua berdarah Yahudi keturunan Polandia. Dia tumbuh di daerah Flatbush di Brooklyn, New York.

Sanders kecil merasakan perjuangan keluarga secara finansial, dan ketimpangan pendapatan yang pada akhirnya mendasari salah satu perjuangan politik utamanya.

Sanders mengambil kuliah di Brooklyn College sebelum meraih gelar sarjana (1964) dalam ilmu politik dari University of Chicago.

Saat di Chicago, dia terlibat dalam gerakan hak-hak sipil, dan pada 1963 dia berpartisipasi dalam March di Washington.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X