Bernie Sanders Mundur sebagai Calon Presiden AS

Kompas.com - 09/04/2020, 07:31 WIB
Senator Vermont Bernie Sanders menyampaikan pidato kemenangan di Manchester, New Hampshire, Selasa malam (12/02/2020) AFP /TIMOTHY A. CLARYSenator Vermont Bernie Sanders menyampaikan pidato kemenangan di Manchester, New Hampshire, Selasa malam (12/02/2020)

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Politisi senior Bernie Sanders membuat keputusan mengejutkan, dengan mundur sebagai calon presiden AS dari Partai Demokrat.

"Saya telah menyimpulkan pertempuran untuk memperebutkan tiket Demokrat tidak akan berhasil," kata Sanders dalam pengumuman yang disampaikan secara livestream.

Senator dari Vermont itu memutuskan mengakhiri kampanyenya yang hebat buntut serangkaian hasil buruk yang dia terima di primary.

Baca juga: Biden dan Sanders Beda Pendapat soal Virus Corona

Dengan mundurnya Bernie Sanders, mantan Wakil Presiden Joe Biden bakal menjadi kandidat tunggal penantang Petahanan Donald Trump menjadi Presiden AS.

"Saya mengucapkan selamat kepada Joe Biden. Pria baik, di mana saya bersedia bekerja sama untuk memantapkan ide progresif kami," ujar dia dilansir AFP Rabu (8/4/2020).

Kepada pendukungnya, senator berusia 78 tahun itu mengucapkan terima kasih kepada relawan yang mengumpulkan dukungan mulai dari Iowa hingga South Carolina.

Dia juga berterima kasih kepada dua juta warga AS yang telah memberikan donasi kepadanya semenjak memutuskan maju pada tahun lalu.

Sanders, yang sempat mengalami serangan jantung pada Oktober 2019, digadang-gadang bakal merebut tiket nominasi setelah tampil menjanjikan pada awal 2020.

Salah satu kampanye yang terus diserukannya adalah upah minimum 15 dollar AS, sekitar Rp 242,700, per jam, dan pelayanan kesehatan universal.

Baca juga: Jika Jadi Presiden, Bernie Sanders Akan Temui Kim Jong Un dan Musuh AS Lainnya

Tetapi, politisi sayap kiri tersebut ternyata tidak mampu untuk menggalang dukungan dari kalangan progresif untuk melapangkan jalannya.

Halaman:

Sumber AFP,Sky News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X