Ukraina Bantah Lonjakan Radioaktif dari Kebakaran Hutan Chernobyl

Kompas.com - 08/04/2020, 15:00 WIB
Ilustrasi Kebakaran Hutan. ShutterstockIlustrasi Kebakaran Hutan.

KIEV, KOMPAS.com - Unit pemadam kebakaran di Ukraina pada Senin (6/4/2020) mengatakan bahwa mereka menggunakan pesawat untuk memadamkan salah satu dari dua kobaran api di zona tertutup di sekitar pabrik nuklir Chernobyl, lokasi di mana insiden nuklir besar pernah terjadi pada 1986.

Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (4/4/2020) di Hutan Kotovsky dekat desa Volodymyrivka mencakup sekitar 20 hektar. Sementara kebakaran lainnya mencakup lahan seluas 5 hektar.

Baca juga: Pandemi Virus Corona Ingatkan Legenda AC Milan akan Tragedi Chernobyl

Kebakaran tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa radiasi di daerah tersebut bisa tersebar lebih jauh.

Namun, otoritas mengatakan jika kondisi radiasi di zona api jauh di atas level normal, yaitu level di Ibu Kota Kiev sekitar 100 kilometer di selatan maka masih berada dalam standar.

Baca juga: Chernobyl, dari Bencana Nuklir sampai Tempat Wisata

Dilansir dari media Perancis AFP, Yegor Firsov, kepala layanan inspeksi ekologi negara Ukraina mengatakan dalam pernyataan yang diunggahnya di Facebook bahwa tingkat radiasi di pusat kebakaran lebih tinggi dari biasanya.

Posnya mencakup video penghitung Geiger yang menunjukkan tingkat radiasi 16 kali lebih tinggi dari biasanya.

Sementara itu, otoritas layanan darurat Ukraina mengatakan kepada AFP bahwa tidak ada peningkatan radiasi di udara yang terdeteksi.

"Tidak ada lonjakan tingkat radiasi," kata Olga Kozak, seorang juru bicara untuk layanan darurat, yang telah mengerahkan pesawat, helikopter dan lebih dari 100 petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Badan pemerintah Ukraina untuk mengelola zona pengecualian Chernobyl juga melaporkan bahwa tingkat normal radiasi gamma "tidak terlalu tinggi" di area kebakaran.

Namun pada Senin, Firsov sendiri menarik klaimnya, dia menulis di Facebook bahwa radionuklida buatan tidak terdeteksi di lokasi kebakaran.

Baca juga: Dibuka! Hostel Pertama di Kota Hantu Chernobyl

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X