Momen Langka, Inilah 4 Pidato Kenegaraan Ratu Elizabeth II Selama 68 Tahun Bertakhta

Kompas.com - 06/04/2020, 18:54 WIB
Ratu Elizabeth ShutterstockRatu Elizabeth

LONDON, KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II mengadakan pidato kenegaraan pada Minggu malam (5/4/2020) terkait virus corona. Ini adalah pidato kenegaraan keempatnya yang disiarkan ke masyarakat.

Pidato tersebut diucapkan sebagai tanggapan Inggris atas krisis akibat wabah virus corona.

Pidato kenegaraan ini sekaligus menjadi yang kelima sepanjang 68 tahun masa pemerintahannya, dan keempat yang disiarkan ke masyarakat.

Baca juga: Ratu Elizabeth: Kita Akan Berhasil Perangi Virus Corona

Ratu Elizabeth II diketahui hanya mengadakan pidato publik di situasi genting, seperti saat krisis dan kesedihan nasional.

Dilansir dari BBC, berikut adalah daftar 4 pidato kenegaraan dari ibu Pangeran Charles tersebut yang disiarkan ke masyarakat Inggris bahkan dunia.

Baca juga: Sebelum Positif Corona, PM Inggris Boris Johnson Juga Sempat Temui Ratu Elizabeth

1. Saat Perang Teluk pertama, Februari 1991

Sang Ratu membuat pidato kenegaraan pertamanya di awal perang darat Irak pada 24 Februari 1991.

Yang Mulia Ratu berbicara tentang kebanggaan bangsa terhadap tentaranya, dan harapannya agar bangsa itu akan bersatu serta mendoakan kesuksesan cepat diraih.

Ratu juga berharap keberhasilan itu bisa dicapai dengan "sedikit mungkin nyawa manusia dan seminimal mungkin penderitaan".

Baca juga: Sebelum Terpapar Virus Corona, Pangeran Charles Sempat Bertemu Ratu Elizabeth II

Ia menambahkan, "Imbalan sejati dari keberanian mereka adalah perdamaian yang adil dan abadi."

Ratu yang saat itu berusia 64 tahun turut memperingatkan "akan ada hari-hari kelam di masa depan", dan bahwa "perang bisa tidak lagi terbatas di medan perang".

Halaman:

Sumber BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X