Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melahirkan di Tengah Lockdown, Ibu di India Namai Bayi Kembarnya "Corona" dan "Covid"

Kompas.com - 04/04/2020, 15:01 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Seorang ibu di India tengah menamai bayi kembarnya "Corona" dan "Covid" setelah melahirkan di tengah lockdown virus corona.

Persalinan Preeti Verma terjadi pada Jumat (27/3/2020) pekan lalu, dengan keputusan memberikan nama itu agar mereka bisa mengingat tentang wabah ini.

Dilaporkan Daily Star, ibu berusia 27 tahun itu menamai bayi laki-laki dengan Covid. Sementara saudara kembarnya yang perempuan bernama Corona.

Baca juga: Berjuang Melawan Virus Corona, Dokter di India Diludahi dan Diserang

Dilansir Daily Mirror, Jumat (3/4/2020), Verma mengatakan bahwa dia memutuskan menamai dua anaknya sebagai pengingat kesulitan yang mereka alami.

Namun, perempuan asal Chhattisgarh tersebut juga mengungkapkan bahwa wabah virus corona ini juga memberikannya kebahagiaan melalui kehadiran dua bayinya.

Meski begitu, Verma mengakui bahwa setelah kedua anaknya itu beranjak dewasa, dia mempertimbangkan untuk memberikan nama baru bagi mereka.

"Persalinan ini terjadi setelah kesulitan yang kami hadapi. Jadi, saya dan suami ingin menjadikan hari ini sangat berkesan," kata dia.

Ibu yang sudah mempunyai putri berusia dua tahun tersebut menuturkan, virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu memang berbahaya.

Namun, di sisi lain, ada sisi positif yang menyertai, yakni masyarakat mulai fokus pada sanitasi, higienitas, dan pola hidup lebih sehat.

"Karena itu, kami memberikan nama ini," ujar dia. Verma mengungkapkan, awalnya pada 26 Maret, dia mulai merasakan rasa sakit.

Baca juga: Menghindari Lockdown Virus Corona, Pria di India Pura-pura Meninggal

Suami Verma segera menelepon ambulans untuk membawa mereka ke rumah sakit. Saat itu, kendaraan dilarang melintas di tengah lockdown.

Dia mengisahkan sempat dihentikan polisi di sejumlah tempat, tetapi segera dibiarkan pergi begitu melihat Verma akan melahirkan.

Saat itu, dia mengaku khawatir karena sampai di rumah sakit pada tengah malam. Untungnya, dokter dan perawat sigap membantunya bersalin.

Verma melanjutkan, keluarga dan teman-temannya sebenarnya sudah berniat untuk menjenguknya. Namun, mereka mengurungkan niat karena karantina itu.

Sementara juru bicara Rumah Sakit Dr BR Ambedkar Memorial menerangkan, baik Verma maupun kedua bayi kembarnya berada dalam kondisi sehat.

Baca juga: Tabligh Akbar India Picu Lonjakan Kasus Covid-19, Ini Asal-usul Penyelenggaranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com