Obati Pasien Virus Corona, Pakar Ingatkan Pasokan Klorokuin yang Kian Terbatas

Kompas.com - 03/04/2020, 08:30 WIB
Ilustrasi obat SHUTTERSTOCKIlustrasi obat

PARIS, KOMPAS.com - Stok global terhadap obat malaria menjadi semakin terbatas, obat ini menjadi pengganti sementara sambil menunggu hasil uji klinis untuk mengobati pasien infeksi Covid-19. Dokter telah memperingatkannya pada hari Kamis (2/4/2020).

Klorokuin (CQ) dan hidroksi klorokuin (HCQ) memiliki kegunaan untuk mengobati malaria, dan memiliki sifat anti-Virus. 

Seluruh dunia kini memperluas akses dua obat tersebut. Menurut penelitian di Perancis dan China, obat malaria tersebut menunjukkan hasil awal yang baik terhadap pasien dengan virus corona.

Baca juga: FDA Keluarkan Izin Terbatas Penggunaan Klorokuin untuk Pengobatan Covid-19 di AS

Klorokuin digunakan sebagai anti-Inflamasi, yaitu untuk mengobati kondisi seperti rheumatoid arthritis dan lupus, yang banyak digunakan di daerah tropis.

Ditulis pada Annals of Rheumatic Diseases, para dokter di Italia, negara paling terdampak oleh virus corona, mengungkapkan bahwa keterbatasan pasokan dua obat malaria tersebut dapat mengacaukan setiap upaya (pengobatan) yang semakin meluas.

Diketahui bahwa kedua obat tersebut sementara ini, mampu melawan virus corona.

Baca juga: Benarkah Klorokuin dan Pil Kina Berpotensi Atasi Corona?

Mereka memperingatkan bahwa sangat penting bagi pasien yang sudah menggunakan klorokuin untuk penyakit selain virus corona.

Mereka membutuhkan itu, dan tidak boleh kekurangan pasokan.

Dilansir melalui surat kepada media Perancis AFP, "Beberapa negara Eropa, ketersediaan dua obat tersebut, di luar rumah sakit, sudah langka," kata Francesca Romana Spinelli, asisten profesor di Universitas Sapienza Roma.

"Ini adalah masalah yang muncul untuk banyak pasien yang sudah diobati dengan CQ/HCQ untuk penyakit rematik autoimun mereka."

Baca juga: Minum Klorokuin yang Dipakai Membersihkan Akuarium, Pria di AS Tewas

Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X