[Ruang Berpikir] Perempuan dan Polemik Global

Kompas.com - 31/03/2020, 20:21 WIB
Ilustrasi perempuan bercengkerama DragonImagesIlustrasi perempuan bercengkerama

KOMPAS.com - Hari Perempuan Internasional yang selalu dirayakan setiap tanggal 8 Maret selalu membendung banyak cerita dari berbagai negara.

Seperti pada perayaan Hari Perempuan Internasional atau International Women Day tahun ini, beberapa aksi perempuan di belahan dunia mendorong solusi atas kekerasan berbasis gender masih keras digaungkan.

Misalnya saja, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Jutaan perempuan di Meksiko dan Argentina lakukan demonstrasi di jalan dengan tema 'A day without Us (women)' dan mereka pun absen dari kantor dan sekolah pada Senin (09/3/2020).

Baca juga: Hari Perempuan Internasional: Aksi Jutaan Wanita Mogok Kerja

Aksi tersebut sebagai bentuk protes terhadap kekerasan berbasis gender yang masih marak terjadi di kedua negara tersebut.

Bagaimana tidak, aksi tersebut dipicu oleh lonjakan kasus hilangnya perempuan dan pembunuhan terhadap perempuan.

Pembunuhan berbasis gender yang terjadi di Meksiko ini bahkan meningkat sampai 137 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir.

Sementara itu, aksi serupa juga terjadi di Kirgistan pada Minggu (08/3/2020). Pengunjuk rasa perempuan memperingati Hari Perempuan Internasional sekaligus menentang kekerasan berbasis gender.

Sayangnya, demonstrasi itu diserang oleh beberapa oknum pria yang memakai masker wajah dan topi Kalpak. 

Oknum itu merobek poster para demonstran, melempar balon dengan pistol mainan dan melemparkan telur ke arah kerumunan massa sebelum akhirnya beberapa dari oknum itu menghilang.

Pada akhirnya pihak kepolisian setempat menangkap belasan demonstran yang mayoritas perempuan itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X