Lahir di Tengah Wabah Flu Spanyol, Kakek 101 Tahun Selamat dari Virus Corona

Kompas.com - 29/03/2020, 20:53 WIB
Ilustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker. ShutterstockIlustrasi: virus corona juga merebak di Eropa. Warga-warga mengenakan masker.

RIMINI, KOMPAS.com - Seorang kakek 101 tahun di Italia yang lahir saat wabah Flu Spanyol dilaporkan sembuh setelah terinfeksi virus corona.

Berdasarkan pemberitaan CNN, pria itu hanya disebut sebagai "Mr P", dan dirawat di rumah sakit Rimini pekan lalu setelah positif Covid-19.

Baca juga: Penanganan Covid-19 dan yang Bisa Dipelajari dari Pandemi Flu Spanyol pada 1918...

Dikutip New York Post Minggu (29/3/2020), kakek 101 tahun itu diizinkan meninggalkan rumah sakit Kamis (26/3/2020) setelah dinyatakan sembuh dari virus corona.

Wakil Wali Kota Rimini, Gloria Lisi, menyebut pemulihkan Mr P adalah "sungguh luar biasa", menjadikannya "harapan di masa depan".

"Mr P bisa melewatinya. Keluarganya sudah membawanya pulang. Mengajarkan kami bahwa usia 101 tahun tak boleh dikesampingkan," katanya.

Mr P disebut lahir pada 1919, di tengah pandemi Flu Spanyol yang diprediksi membunuh antara 30 sampai 50 juta orang di seluruh dunia.

Merujuk kepada laporan Garda Perlindungan Sipil Italia Kamis, Rimini mencatatkan 1.189 kasus virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu,

Adapun hingga Minggu WIB, Negeri "Pizza" total melaporkan lebih dari 92.000 orang terinfeksi virus corona, dengan 10.023 meninggal dunia.

Lebih dari dua pekan lalu, Perdana Menteri Giuseppe Conte mengumumkan adanya lockdown untuk memerangi penyebaran Covid-19.

Karantina massal yang sedianya berakhir pada Jumat pekan depan tersebut (3/4/2020) dipertimbangkan untuk diperpanjang setelah masih banyak kasus yang muncul.

Baca juga: Trump Tidak Tahu Kakeknya Wafat Akibat Wabah Flu Spanyol 1918

Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X