Catatkan 838 Angka Kematian Harian, Korban Meninggal Covid-19 di Spanyol Capai 6.528 Orang

Kompas.com - 29/03/2020, 18:24 WIB
Seorang anggota dari militer Spanyol berbicara dengan dua polisi di Madrid, pada 24 Maret 2020, di tengah wabah virus corona. REUTERS/JUAN MEDINASeorang anggota dari militer Spanyol berbicara dengan dua polisi di Madrid, pada 24 Maret 2020, di tengah wabah virus corona.

MADRID, KOMPAS.com - Spanyol mengumumkan 6.528 orang meninggal karena virus corona, setelah otoritas lokal mengonfirmasi 838 angka kematian harian.

Jumlah mortalitas dalam 24 jam terakhir itu merupakan yang tertinggi yang dicatat kementerian kesehatan, dilaporkan AFP Minggu (29/3/2020).

Di antara korban meninggal terdapat putri Kerajaan Spanyol, Putri Maria Teresa yang berasal dari keluarga cabang Bourbon-Parma.

Baca juga: Putri Kerajaan Spanyol Meninggal Setelah Terinfeksi Virus Corona

Kemudian jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Spanyol juga meningkat, dengan data terbaru menunjukkan angka 78.797 orang.

Meski begitu seperti dikutip CNN, Negeri "Matador" mencatatkan laju pertumbuhan, baik di angka infeksi maupun korban meninggal, menurun.

Persentasenya menurun dari semula 17 persen ke 14 persen, dan menjadi catatan pertumbuhan terendah Spanyol sejak 16 Maret.

Pejabat kesehatan menaruh harapan bahwa wabah virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 tersebut bakal mencapai puncak dan kemudian menurun.

Negeri "Matador" juga melaporkan total 14.709 pasien Covid-19, penyakit yang diakibatkan corona, sembuh. Kenaikan 19,7 persen dalam 24 jam terakhir.

Seperti Italia, Spanyol kini makin memperketat pengawasn. Madrid memerintahkan segala kegiatan "non-esensial" agar segera ditutup.

"Segala pekerja di lini usaha non-esensial diharuskan untuk bertahan di rumah selama dua pekan," kata Perdana Menteri Pedro Sanchez.

Sementara sektor usaha yang masih dianggap esensial dan diizinkan untuk tetap buka antara lain kesehatan, pangan, dan energi.

Dalam rapat kabinet darurat yang digelar Minggu waktu setempat, pemerintah mendiskusikan detil mengenai langkah terbaru pencegahan Covid-19.

Saat ini, orang-orang di Spanyol masih diizinkan untuk meninggalkan rumah untuk keperluan bekerja, membeli makanan, atau berobat.

Baca juga: 832 Meninggal dalam 24 Jam, Spanyol Catatkan Total 5.812 Korban Covid-19

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber CNN,AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X