Kasus Pertama, Kucing di Belgia Positif Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 28/03/2020, 17:34 WIB
Ilustrasi kucing peliharaan. Ilustrasi kucing peliharaan.

LIEGE, KOMPAS.com - Seekor kucing di Belgia dilaporkan menjadi kasus pertama yang terinfeksi virus corona, dengan dugaan dia tertular dari pemiliknya.

Berdasarkan kabar harian lokal Brussels Times, hewan di Liege itu mengalami gejala virus Covid-19, seperti kesulitan bernapas.

Dikutip New York Post Jumat (27/3/2020), kucing itu mengalami dites positif virus corona satu pekan setelah pemiliknya jatuh sakit.

Baca juga: Anjing yang Positif Virus Corona di Hong Kong Tak Tunjukkan Gejala Apa Pun

Sementara ini adalah kasus pertama kucing di Belgia terpapar Covid-19, dua ekor anjing di Hong Kong dilaporkan juga positif terinfeksi.

Salah satunya, jenis Pomeranian berusia 17 tahun, mati setelah dikembalikan ke rumah majikannya pasca-menjalani karantina.

Profesor Steven Van Gucht menerangkan, si kucing disebut mengalami diare, terus-menerus muntah, dan kesulitan untuk bernapas.

"Kami mendapatkan bukti adanya virus tersebut dari kotorannya," jelas Van Gucht dalam konferensi pers yang digelar Jumat.

Brussels Times memberitakan, tidak diberikan informasi rinci mengenai keadaan kucingnya, maupun si pemilik setelah terjangkit Covid-19.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menekankan, sejauh ini tidak ada bukti kuat baik anjing, kucing, atau binatang peliharaan lainnya menularkan virus.

Baca juga: Perjuangan Dokter di Malaysia Tangani Virus Corona: Jika Bukan Kami, Siapa Lagi?

Van Gucht menekankan bahwa dalam kasus ini, justru si pemilik yang menularkan virus bernama resmi SARS-Cov-2 ke hewan peliharaannya.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X