Wuhan Bersiap Cabut Lockdown, Kereta Bawah Tanah Mulai Beroperasi

Kompas.com - 28/03/2020, 17:07 WIB
Para penumpang di stasiun kereta bawah tanah Wuhan memakai masker, pada 28 Maret 2020. Wuhan mulai bersiap mengoperasikan lagi sejumlah layanan publik, setelah di-lockdown selama 2 bulan. YFC/EPA-EFEPara penumpang di stasiun kereta bawah tanah Wuhan memakai masker, pada 28 Maret 2020. Wuhan mulai bersiap mengoperasikan lagi sejumlah layanan publik, setelah di-lockdown selama 2 bulan.

WUHAN, KOMPAS.com - Sabtu (28/3/2020) Wuhan mulai bersiap memulai kembali beberapa layanan umum, dalam menyambut pencabutan lockdown.

Diberitakan Reuters, Wuhan mulai mengoperasikan lagi sejumlah layanan kereta bawah tanah, dan membuka beberapa perbatasan.

Dibukanya lockdown di Wuhan pada 8 April mendatang, menandai titik balik perlawanan China dalam menangani wabah virus corona.

Baca juga: Penjual Udang di Pasar Seafood Wuhan Mungkin adalah Pasien Nol Virus Corona

Salah satu pemakai jasa transportasi umum di Wuhan adalah Guo Liangkai, pelajar berusia 19 tahun.

Kepada Reuters ia menuturkan pekerjaannya selama satu bulan di Shanghai harus diperpanjang sampai tiga bulan, karena ada pembatasan perjalanan.

"Ini membuatku sangat bahagia, karena aku bisa bertemu keluargaku lagi," kata Guo setelah disambut ibunya di stasiun utama.

"Kami ingin berpelukan, tetapi sekarang adalah periode khusus, sehingga kami tidak bisa memeluk atau melakukan yang serupa," lanjutnya.

Baca juga: Dokter di Wuhan: Belum Ada Bukti Pasien Sembuh Bisa Tularkan Virus Corona Lagi

Saat masih di-lockdown, pihak berwenang menegakkan kebijakan tegas dalam menghentikan orang masuk atau keluar dari Wuhan.

Keluarga "dikurung" di rumah, layanan bus dan taksi dihentikan, dan hanya toko-toko kebutuhan pokok yang boleh dibuka.

"Saya pikir dimulainya kembali pekerjaan adalah semacam harapan. Ini setidaknya menunjukkan bahwa China menang," kata Zhang Yulun (35) yang kembali ke Wuhan untuk bekerja.

Baca juga: Virus Corona, China Bakal Cabut Lockdown Wuhan pada 8 April

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X