Badan Amal di Inggris Akan Latih Anjing untuk Lacak Penderita Covid-19

Kompas.com - 27/03/2020, 16:39 WIB
Ilustrasi anjing polisi. SHUTTERSTOCKIlustrasi anjing polisi.

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah badan amal di Inggris akan melatih anjing untuk melacak penderita Covid-19 melalui indera penciumannya.

Medical Detection Dogs akan bekerja sama dengan London School of Hygiene and Tropical Medicine (LSHTM) serta Universitas Durham untuk menentukan apakah anjing dapat membantu pelacakan.

Sebelumnya, anjing telah terbukti dapat mengendus malaria, berdasarkan keyakinan bahwa setiap penyakit memicu bau yang berbeda.

Baca juga: Kabar Bohong Seputar Virus Corona Marak di Ukraina

Organisasi-organisasi itu mengatakan, mereka telah memulai persiapan untuk melatih anjing dalam enam minggu.

Medical Detection Dogs sebelumnya telah melatih anjing untuk mendeteksi penyakit seperti kanker, parkinson, dan infeksi bakteri dengan mengendus sampel yang diambil dari pasien.

Sebab, anjing dapat mendeteksi perubahan halus pada suhu kulit, membuatnya bisa diberdayakan untuk menentukan apakah seseorang mengalami demam.

Baca juga: BNI Berikan Relaksasi Bagi Nasabah yang Terdampak Wabah Corona

"Pada prinsipnya, kami yakin anjing dapat mendeteksi Covid-19," kata Claire Guest, pendiri dan kepala eksekutif Medical Detection Dogs, dikutip dari AFP.

"Kami sekarang mencari cara bagaimana kami dapat dengan aman menangkap bau virus dari pasien, dan memberikannya ke anjing."

"Tujuannya agar anjing dapat menyaring siapa pun, termasuk orang-orang yang tidak menunjukkan gejala, dan memberi tahu kami apakah mereka perlu diuji."

Baca juga: Cegah Penyebaran Virus Corona, Sejumlah Dusun di Sleman Lockdown

"Ini akan cepat, efektif, non-invasif, dan memastikan sumber daya pengujian NHS (National Health Service) hanya digunakan saat benar-benar dibutuhkan," lanjut Claire.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X