Hasil Konferensi Virtual G-20 Sepakat Solid Atasi Wabah Virus Corona

Kompas.com - 27/03/2020, 06:33 WIB
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dalam konferensi virtual G-20. Twitter Adel AljubeirRaja Salman bin Abdulaziz al-Saud dalam konferensi virtual G-20.

RIYADH, KOMPAS.com - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud memimpin rapat besar pemimpin G-20 di mana seluruh pemimpin negara (delegasi) melakukan physical distancing melalui konferensi virtual pada Kamis (26/3/2020).

Rapat tersebut mendiskusikan upaya-upaya penghentian wabah virus corona alias Covid-19 yang sampai saat ini telah membuat tiga miliar orang di dunia terkunci dalam aturan lockdown dan menjadi wabah global.

Baca juga: WNI Positif Corona di Singapura Bertambah 5, Didominasi Permanent Resident

Berikut ini rangkuman hasil rapat Extraordinary G-20 Summit melalui konferensi virtual:

1. Menyelamatkan perekonomian global

Negara-negara G-20 sepakat menggelontorkan dana 5 triliun dollar AS atau setara dengan Rp 81 ribu triliun untuk perekonomian global

Memberikan perlindungan ekonomi kepada pekerja, pebisnis, khususnya pebisnis mikro dan medium dan sektor-sektor yang terdampak.

Dana 5 triliun dollar AS juga ditujukan sebagai kebijakan fiskal, tindakan perekonomian, dan skema jaminan untuk penangkalan terhadap dampak wabah yang mempengaruhi perekonomian dan finansial global.

2. Berjuang melawan pandemik

Berkomitmen bertindak dan memastikan pembiayaan yang memadai untuk melindungi banyak orang khususnya yang paling rentan.

Saling berbagi informasi transparan, bertukar data epidemologis dan klinis, termasuk data riset dan pengembangan, saling menguatkan sistem kesehatan global berdasarkan International Health Regulations dari WHO pada 2005.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Arab News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X