Virus Corona, Anggota Sebuah Gereja di Korea Selatan Bentrok dengan Polisi

Kompas.com - 22/03/2020, 17:55 WIB
Imbauan Kemenlu RI untuk WNI di Korea Selatan Instagram: @safetravel.kemluImbauan Kemenlu RI untuk WNI di Korea Selatan

SEOUL, KOMPAS.com - Anggota sebuah gereja di Korea Selatan dilaporkan terlibat bentrok dengan polisi, di tengah upaya pemerintah mencegah wabah virus corona.

Untuk mencegah penyebaran, otoritas meminta warganya untuk diam di rumah. Selain iti, pertemuan publik termasuk kegiatan keagamaan ditiadakan.

Larangan itu diberlakukan setelah Korea Selatan masih melaporkan klaster maupun kasus impor baru, meski tren-nya mengalami penurunan.

Baca juga: Cegah Corona, Pemprov DKI Tiadakan Shalat Jumat hingga Ibadah di Gereja Selama 2 Pekan

Kebijakan untuk melarang agenda keagamaan, olahraga, maupun hiburan resmi diterapkan pada Minggu (22/3/2020), dilaporkan Reuters via Channel News Asia.

"Pertarungan kita dengan virus corona ini adalah pertarungan tiga kaki," kata Presiden Moon Jae-in dalam konferensi pers Minggu.

Tidak peduli kalian sedang dalam kondisi sehat, atau mampu melakukan sesuatunya sendiri," jelas Moon yang menyiratkan agar publik bekerja sama dengan pemerintah.

Kebanyakan gereja sudah mengalihkan tata ibadah mereka secar daring dalam beberapa pekan terakhir. Namun media setempat memberitakan masih ada yang nekat buka.

Kondisi tersebut memantik aksi protes dari warga setempat, dan memaksa polisi Korea Selatan untuk turun tangan dan meminta mereka berhenti.

Baca juga: 3 Kunci Korea Selatan Berhasil Tangani Virus Corona Lebih Baik dari Negara Lain

Di gereja Sarang Jeil Seoul, Yonhap mengabarkan sejumlah jemaah berusaha untuk masuk dengan menerobos penjagaan yang dilakukan aparat.

Sejumlah video yang menyebar di YouTube memperlihatkan seorang perempuan tergelatak di jalan. "Mengapa kalian melakukan ini? Apa ini Korea Utara?" teriak jemaah lainnya.

Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X