Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Pertahanan Israel Minta Lansia Dilindungi dari Virus Corona

Kompas.com - 21/03/2020, 16:48 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

YERUSALEM, KOMPAS.com - Naftali Bennet, Menteri Pertahanan Israel melalui sebuah video berdurasi 02:21 detik menyampaikan pesan penting atasi virus corona.

Menurut Bennet, ada satu cara yang lebih penting dibandingkan social distancing dan tes virus. Cara terpenting itu adalah menjaga orang dengan usia lanjut (lansia) dari populasi orang usia muda.

Orang dengan usia lanjut memang lebih rentan terpapar virus corona dan fatal jika mengidap penyakit Covid-19 itu dibandingkan yang berusia muda.

Baca juga: 15 WNI Terpapar Corona di Singapura: 1 Sembuh, 1 Meninggal, 13 Dirawat

Bennet menjelaskan bahwa banyak kasus kematian di negara Eropa seperti Italia didominasi oleh orang lansia.

"Pisahkan kakek dan nenek dari anak muda. Orang yang berusia muda akan berpotensi membawa virus dan membuat grup lansia rentan," ungkap Bennet. 

Menteri Pertahanan Israel ini kemudian menjabarkan rencananya. Orang tua harus dibawa ke sebuah tempat isolasi dengan persediaan makanan dan sanitasi yang cukup. 

Keluarga yang mengantar tidak boleh melakukan kontak dengan orang tua tersebut. Termasuk tidak boleh memeluk apalagi mencium. 

Baca juga: Patung Kristus Penebus Brasil Disinari Bendera Negara yang Terpapar Virus Corona

"Pantau mereka dari jauh dengan Whatsapp, Skype, atau apa pun yang kalian tahu," ujar Bennet, "Bawakan mereka makanan, jangan lupa bersihkan dulu kotak makannya. Jangan peluk mereka karena akan berisiko menular kepada mereka."

Bennet juga menjelaskan kalau rencana ini tidak akan bertahan terlalu lama. "Banyak orang bertanya, apakah orang tua akan terus menerus diisolasi? Tentu tidak."

Dia menjelaskan bahwa ketika wabah virus corona telah menyerang hampir seluruh warga yang berusia muda, lambat laun kondisi orang muda yang terinfeksi akan menjadi inmune atau kebal.

Baca juga: Akibat Virus Corona, Pemakaman di Italia Diiringi Kekhawatiran dan Kesunyian

"Ketika semua orang sudah kebal, wabah akan berakhir. Orang tua pun boleh keluar dari rumah isolasi mereka." Ujar Bennet sambil tersenyum.

Selain rencana terpenting itu, Bennet juga mengungkapkan kalau tindakan pencegahan lain seperti rajin cuci tangan dan menjaga kebersihan juga sangat penting.

Rencana Naftali Bennet mungkin masih perlu dikaji lebih jauh, namun sepertinya Israel akan benar-benar melakukan upaya tersebut.

Jika dilihat dari kelompok yang rentan terhadap virus corona, gagasan Bennet akan isolasi kelompok lansia memang masuk akal.

Baca juga: Dua Pasien Corona Meninggal di Singapura, Salah Satunya WNI

Dilansir dari CNN, Jumat (13/3/2020), Direktur Geriatrics untuk Sistem Kesehatan Sinai dan Jaringan Kesehatan Universitas Toronto, Dr. Samir Sinha mengatakan bahwa kelompok lansia termasuk rentan terinfeksi virus corona karena sistem kekebalan tubuhnya melemah seiring pertambahan usia.

Sementara itu, sejauh ini di Israel, sebanyak 705 kasus infeksi virus corona ditemukan dengan satu kematian. 15 orang dinyatakan sembuh, dan 10 orang lainnya dalam keadaan kritis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com