Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Monaco, Albert II Positif Virus Corona

Kompas.com - 19/03/2020, 23:29 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

Sumber AFP

MONACO, KOMPAS.com - Pangeran Monaco, Albert Alexandre Louis Pierre Grimaldi, atau Pangeran Albert II dikabarkan positif terinfeksi virus corona.

Kasus infeksi Pangeran Albert adalah terbaru dan pertama di jajaran tokoh pejabat tinggi negara yang mengidap Covid-19.

Pangeran Albert adalah kepala negara pertama dan mengatur Kerajaan Monaco. Pernyataan dari pihak istana mengatakan bahwa kondisinya tidak perlu dikhawatirkan. 

Baca juga: Kontak dengan Politisi yang Terkena Virus Corona, Mahathir Mohamad Mengarantina Diri

Pangeran Albert II dari Monaco dinyatakan positif mengidap virus corona berdasarkan keterangan kepala kerajaan dalam pernyataan yang dikeluarkan pada Kamis (19/03/2020).

"Tidak ada masalah dengan kesehatannya," ungkap pernyataan itu.
Kepala konstitusi wilayah Mediterania itu dikabarkan melanjutkan pekerjaan dari apartemen pribadinya di istana kerajaan.

Pengumuman itu datang tiga hari setelah perdana menteri Monaco, Serge Telle mengumumkan bahwa dia telah terjangkit virus corona.

Baca juga: Virus Corona Tewaskan 3 Anggota Keluarga dan Infeksi 4 Orang Lainnya Setelah Makan Malam Bersama

Kerajaan Monaco kemudian menutup semua ruang publik mulai tengah malam pada Sabtu kemarin.

Termasuk kasino yang melayani jet-set global karena bergabung dengan jajaran negara-negara yang terisolasi sebagai upaya penghentian penularan virus corona.

Dikatakan pada Rabu (18/03/2020), sembilan kasus infeksi telah terdeteksi sejak kasus pertamanya diumumkan 28 Februari silam.

Pemerintah kerajaan Monaco juga mengimbau yang berbunyi, "Yang Mulia meminta rakyat Monaco untuk menghormati tindakan penahanan (karantina) dan membatasi kontak dengan orang lain seminimal mungkin. Hanya ketaatan yang ketat terhadap aturan penahanan ini yang mampu hentikan penyebaran virus."

Albert adalah kepala kerajaan Grimaldi yang memerintah Monaco. Sebuah negara terkecil kedua di dunia dan surga bagi orang kaya dan terkenal karena pajaknya yang rendah.

Baca juga: Kelelahan Tangani Virus Corona, Menkes Belanda Ini Jatuh Saat Sidang Parlemen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com