Krisis Virus Corona, Australia Umumkan Tutup Negaranya dari Pendatang

Kompas.com - 19/03/2020, 17:21 WIB
Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Senin (10/2/2020). Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison, Senin (10/2/2020).

CANBERRA, KOMPAS.com - Australia melalui Perdana Menteri Scott Morrison mengumumkan penutupan negaranya dalam upaya mereka memerangi virus corona.

Dalam pernyataan Morrison, larangan masuk bagi warga asing itu bakal diterapkan secara efektif pada Jumat (20/3/2020) pukul 18.00 waktu setempat.

PM Australia sekaligus Ketua Partai Liberal itu mengatakan, keputusan melakukan lockdown terjadi setelah dia berkonsultasi dengan komite keamanan nasional.

Baca juga: Viral Video Tulisan Cuci Tangan di Langit Australia

"Kami akan mulai menerapkan posisi di mana larangan masuk diterapkan bagi warga bukan ke Australia mulai besok malam," tegas dia.

Dalam aturan lockdown ini, warga "Negeri Kanguru" dan keluarganya masih diizinkan pulang. Namun, diminta untuk karantina selama 14 hari.

Dilansir dari The West Australian, Kamis (19/3/2020), Morrison menerangkan, langkah itu diambil karena meningkatnya virus corona di sana yang disebabkan imported case.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepada awak media, Morrison mengatakan, 80 persen kasus yang mereka laporkan terjadi akibat warganya ada yang tertular di luar negeri.

Atau dalam skenario kedua, individu itu terinfeksi dari orang yang baru saja pulang dari negara lain, demikian keterangan Morrison.

Dalam keputusan yang diumumkan, segala pertemuan indoor yang dihadiri oleh 100 orang dilarang. Sementara di luar ruangan, aparat bakal menghentikan agenda di atas 500 orang.

Restoran, gedung bioskop, ataupun lini bisnis lainnya bakal mendapat panduan bagaimana mengelola usaha mereka selepas pertemuan kabinet, Jumat.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.