Berdoa agar Virus Corona Berakhir, Paus Fransiskus Kunjungi Roma yang Sepi

Kompas.com - 16/03/2020, 07:45 WIB
Gambar yang dirilis Vatikan memperlihatkan Paus Fransiskus dan sekelompok kecil pengawalnya berjalan menyusuri jalanan kota Roma yang sedang sepi pada 15 Maret 2020. Paus Fransiskus berdoa agar wabah virus corona segera berakhir. VATICAN MEDIA/HANDOUT via REUTERSGambar yang dirilis Vatikan memperlihatkan Paus Fransiskus dan sekelompok kecil pengawalnya berjalan menyusuri jalanan kota Roma yang sedang sepi pada 15 Maret 2020. Paus Fransiskus berdoa agar wabah virus corona segera berakhir.

ROMA, KOMPAS.com - Paus Fransiskus terlihat berjalan di kota Roma yang sepi, di mana dia berkunjung ke dua gereja di sana dan berdoa agar wabah virus corona berakhir.

Kunjungannya terjadi setelah Vatikan mengumumkan, untuk pertama kalinya, layanan misa Paskah tidak akan dilakukan di muka umum.

Dilansir Reuters Minggu (15/3/2020), Paus Fransiskus diketahui meninggalkan Vatikan tanpa pemberitahuan menuju ke ibu kota Italia itu.

Baca juga: Di Tengah Wabah Virus Corona, Trump Ajak Berdoa

Di sana, dia berdoa di Basilika Santa Maria Maggiore, kemudian berjalan menyusuri jalanan Roma yang sepi untuk mengunjungi Gereja St Marcello.

Dalam pernyataan tertulis Vatikan, Paus dengan nama asli Jorge Mario Bergoglio itu tidak hanya mendoakan berakhirnya wabah virus corona.

Dia juga memanjatkan doa bagi para korban dan keluarganya, serta penyedia layanan kesehatan, farmasi, dan toko kelontong agar tetap buka.

Gambar yang dirilis menunjukkan Sri Paus bersama dengan sekelompok kecil pengawalnya berjalan di kawasan Via del Corso yang biasanya penuh pengunjung.

Sebelumnya, pihak Vatican City menerangkan Pekan Suci dan Paskah pada April bakal digelar tanpa umat, sebuah langkah tak terduga di masa modern ini.

Tidak dijelaskan seberapa jauh penurunan skala karena pengumuman ini. Namun, sumber internal menerangkan mereka tengah mengkaji sejumlah opsi.

Baca juga: Karena Virus Corona, Untuk Pertama Kalinya Sri Paus Fransiskus Pimpin Doa Lewat Livestream

Di antaranya dengan melaksanakan misa di ruangan tertutup. Seperti menempatkan umat di Basilika Santo Petrus dan Kapel Sistine, dan hanya dihadiri kelompok kecil saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X