Sebanyak 4.590 Korban Infeksi Virus Corona di Iran Dinyatakan Sembuh

Kompas.com - 15/03/2020, 22:05 WIB
Kianoush Jahanpour Juru bicara Kementerian Kesehatan Iran pada konferensi pers Sabtu, 14 Maret 2020. Iran PressKianoush Jahanpour Juru bicara Kementerian Kesehatan Iran pada konferensi pers Sabtu, 14 Maret 2020.

TEHERAN, KOMPAS.com - Juru Bicara Kianoush Jahanpour dalam konferensi pers yang dilaksanakan pada Minggu (15/03/2020) mengatakan bahwa sebanyak 4.590 korban infeksi virus corona dinyatakan sembuh dan dipulangkan.

Meski begitu Juru Bicara Menteri Kesehatan Iran ini mengatakan, "sayangnya, pada 24 jam terakhir sebanyak 113 orang tewas yang artinya angka kematian di Iran meningkat menjadi 724 orang."

Otoritas Iran memperingatkan warganya untuk tidak menyepelekan Covid-19. Mereka menekankan bahwa lansia, orang sakit dan lansia di atas 60 tahun sangat berisiko terpapar virus tersebut.

"Tolong jangan sepelekan. Semua perjalanan ke bagian utara Iran harus dibatalkan. Tahun Baru Nowruz tidak akan dimulai di Mashhad sejak wabah virus corona merebak," ungkap Jahanpour.

Baca juga: Virus Corona Tebar Ancaman, Jerman Tutup Tiga Perbatasan

Sementara itu, Iran selama ini dikabarkan dari Iran News menerima sejumlah bantuan dari China, Turki, Uni Emirat Arab, Jerman, Perancis, dan Inggris.

Ada pun Jepang, Qatar, Azerbaijan, dan Rusia juga memberikan donasi uang dan peralatan medis.

Berita itu juga dikonfirmasi oleh Abbas Mousavi melalui unggahan Twitternya.

"Pemerintah Iran dan warga Iran tidak akan pernah melupakan para pemberi bantuan dalam masa sulit mereka,"ungkap Mousavi.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran itu menjelaskan lebih detil bahwa bantuan dari China berupa sekitar 350 ribu alat uji virus corona, sekitar 2.400 masker wajah, dan 130 ribu pakaian pelindung hazmat.

Baca juga: Kasus Virus Corona di China Bisa Ditekan, Bisakah Langkah Mereka Diterapkan di Negara Lain?

 

Iran juga mendapat 120 ribu ventilator dan aspirator, 2.800 perangkat antropometik dan oksimeter, sekitar 13 ribu kacamata pelindung, 160 ribu pelindung wajah, dan 50 kotak obat virus corona melalui penerbangan langsung yang dikirim kepada Kementerian Kesehatan Iran.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Iran News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X