Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontak dengan Menhub Budi Karya Sumadi yang Terpapar Virus Corona, Menteri Belanda Ini Bekerja dari Rumah

Kompas.com - 15/03/2020, 20:53 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber ad.nl,RTL

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Menteri Infrastruktur dan Pengelolaan Air Belanda, Cora van Nieuwenhuizen mengumumkan, dia bakal bekerja dari rumah selama dua pekan.

Pernyataan itu dia sampaikan setelah melakukan kontak dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi yang terpapar virus corona.

Dalam pernyataannya, Van Nieuwenhuizen mengatakan dia akan tetap melaksanakan tugasnya dari kediaman pribadi hingga 24 Maret.

Baca juga: Positif Corona, Kondisi Menhub Budi Karya Membaik di RSPAD Gatot Soebroto

Selama masa karantina dua pekan itu, Menteri Belanda yang menjabat sejak Oktober 2017 itu masih bisa menerima surel atau telepon.

Namun dilansir ad.nl Sabtu (14/3/2020), dia tidak akan bisa hadir dalam sesi debat parlemen karena mengikuti saran dari otoritas kesehatan.

Van Nieuwenhuizen bertemu dengan Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta Rabu (11/3/2020), dengan keduanya menandatangani Pernyataan Bersama.

Dalam pernyataan itu, Budi Karya dan Van Nieuwenhuizen sepakat meningkatkan kerja sama di bidang transportasi, serta pengembangan kapasitas dan kapabilitas SDM perhubungan.

"Saya merasa baik-baik saja dan tidak mengalami keluhan. Namun, saya akan mengikuti anjuran dari otoritas kesehatan (RIVM)," kata dia dikutip RTL Nieuws.

Juru bicara Menteri Belanda berusia 56 tahun itu menerangkan, Van Nieuwenhuizen tidak akan dites virus corona karena tidak mengalami gejala.

Baca juga: Selain Budi Karya Sumadi, Ini Pejabat Negara di Dunia yang Positif Virus Corona

Dia merupakan rombongan dari Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima saat berkunjung ke Indonesia pada 10 sampai 13 Maret lalu.

Sebelumnya, koleganya Menteri Luar Negeri Stef Blok sempat menjadi pemberitaan ketika terlibat perbincangan dengan delegasi Iran.

Media lokal menyoroti pertemuan tersebut karena si delegasi diketahui melakukan kontak dengan sopirnya yang positif menderita SARS-Cov-2.

Meski begitu, Blok disebut tetap bisa bekerja dengan juru bicaranya menjelaskan si menteri tidak perlu menjalani pemeriksaan.

Hingga Minggu (15/3/2020), Belanda telah mengonfirmasi 959 kasus positif, di mana dua orang berhasil sembuh dan 12 lainnya meninggal.

Total di seluruh dunia, virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 tersebut telah menjangkiti 161.000, di mana 75.900 lainnya pulih.

Baca juga: Budi Karya Positif Corona, Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Menhub Ad Interim

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com