Di Tengah "Lockdown" Virus Corona, Warga Italia Bernyanyi untuk Menggugah Semangat

Kompas.com - 14/03/2020, 20:21 WIB
Sejumlah orang membawa penggorengan dan membentangkan spanduk Andra Tutto Bene (semua akan baik-baik saja) di hari keempat lockdown di tengah wabah virus corona di Turin, Italia, pada 13 Maret 2020. REUTERS/MASSIMO PINCASejumlah orang membawa penggorengan dan membentangkan spanduk Andra Tutto Bene (semua akan baik-baik saja) di hari keempat lockdown di tengah wabah virus corona di Turin, Italia, pada 13 Maret 2020.

ROMA, KOMPAS.com - Ada pemandangan menarik di Italia di tengah lockdown (penutupan) yang dilakukan pemerintah untuk memerangi virus corona.

Warganya di seantero negeri terekam bernyanyi untuk mengunggah semangat, setelah kehidupan sehari-hari mereka terpaksa dibatasi.

Sebuah video yang diunggah akun Twitter @valemercurii memperlihatkan harmoni merdu yang diperdengarkan penduduk di Sienna, kota di Region Tuscany.

Baca juga: Pejabat China: Militer AS Bawa Virus Corona ke Wuhan

"Orang-orang di kampung halamanku menyanyikan lagu populer dari rumah mereka di antara sepinya jalan untuk menenteramkan hati selama Covid-19," ujar valemercurii.

Dilansir The Guardian Sabtu (14/2/2020), baik pria maupun perempuan bernyanyi Canto della Verbena (Sementara Sienna Terlelap) yang adalah lagu patriotik.

Suara merdu lain datang kota Naples, orang-orang di sana mendendangkan lagu milik penyanyi pop Andrea Sannino, Abbracciami.

Sementara kota pelabuhan Salerno, yang berada di selatan Italia, warga setempat menyanyikan lagu kebangsaan mereka, Fratteli d'Italia.

Warga Negeri "Pizza" juga meningkatkan moral mereka selama masa "lockdown" virus corona dengan membentangkan slogan Andrà tutto bene (Segalanya bakal baik-baik saja).

Ada juga yang menuliskan sebuah frasa dalam bahasa Kanton, jiayou yang artinya "jangan menyerah" atau "bertahanlah" sejak wabah menyebar.

Aksi itu mendapat tanggapan dari netizen, di mana mereka juga mengunggah pesan dari China sebagai bentuk solidaritas terhadap Italia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X