10.000 Peserta Hadiri Tabligh Akbar Malaysia, Puluhan Orang Terinfeksi Virus Corona

Kompas.com - 13/03/2020, 17:28 WIB
Ilustrasi warga Malaysia memakai masker. LIM HUEY TENG/REUTERSIlustrasi warga Malaysia memakai masker.

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Malaysia menyerukan acara-acara dengan jumlah massa besar ditunda, setelah dutemukan penyebaran virus corona di sebuah acara tabligh akbar.

Acara yang dimaksud adalah Jhor Qudamak Malaysia 2020, yang dihadiri sekitar 10.000 orang dari sejumlah negara. Acara berlangsung pada 28 Februari sampai 1 Maret.

Dilansir dari Reuters, Malaysia mengonfirmasi 12 warga negaranya terinfeksi virus SARS-CoV-2 setelah menghadiri acara tersebut.

Pemerintah "Negeri Jiran" kemudian melakukan penelusuran ke sekitar 5.000 warga negaranya yang menghadiri acara itu.

Baca juga: Skuad Everton Dikarantina karena Virus Corona, Derbi Merseyside Hampir Pasti Ditunda

"Semua kegiatan massa harus ditunda untuk menekan penyebaran Covid-19," tulis Kementerian Kesehatan Malaysia dalam akun Twitter-nya.

Tindakan antisipasi Malaysia juga diterapkan pada shalat Jumat dengan imbauan untuk mempersingkat durasi khotbah Jumat, dan menyarankan wudu dilakukan di rumah.

Selain Malaysia, 11 kasus infeksi virus corona juga muncul di Brunei, yang terhubung ke acara di pinggiran Kuala Lumpur tersebut.

Sekitar 90 penduduk Brunei menghadiri acara itu, dan 11 orang yang positif virus corona adalah kasus pertama di sana, sebelum bertambah menjadi 25.

Baca juga: Dalam 4 Hari, Brunei Laporkan 25 Kasus Virus Corona

Kementerian Kesehatan Brunei mengatakan kasus pertama menimpa seorang pria berusia 53 tahun yang kembali dari Kuala Lumpur pada 3 Maret.

Dia mulai menunjukkan gejala-gelaja terkena penyakit Covid-19 empat hari kemudian.

Halaman:
Baca tentang

Sumber Reuters,CNA
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X