Markas Tentara AS dan Inggris di Irak Diserang Roket, 3 Orang Tewas

Kompas.com - 12/03/2020, 20:07 WIB
Sekelompok tentara AS dalam sebuah operasi di gurun pasir. ShutterstockSekelompok tentara AS dalam sebuah operasi di gurun pasir.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Tiga orang tewas ketika serangan roket menghantam markas yang dipakai oleh tentara AS dan Inggris di Irak.

Dua di antara korban tewas merupakan warga AS, sedangkan sisanya merupakan serdadu Inggris, dengan 12 lainnya terluka dalam serangan di kamp militer Taji, utara Baghdad.

Sumber militer AS menerangkan, dua warganya yang terbunuh masing-masing berprofesi sebagai prajurit dan seorang kontraktor.

Baca juga: Tentara AS yang Bertugas di Korea Selatan Terinfeksi Virus Corona

Tensi di Timur Tengah tengah menghangat sejak AS memutuskan membunuh jenderal paling berpengaruh di Iran, Qasem Soleimani, pada 3 Januari lalu.

Sebagai balasannya, Teheran membombardir pangkalan AS di Ain al-Assad dan Irbil dengan "puluhan rudal" pada 8 Januari, menyebabkan ratusan tentara AS mengalami cedera otak traumatis (TBI).

Dalam pernyataannya, koalisi yang dipimpin AS di Irak serta Suriah mengonfirmasi ada 18 roket yang menghantam markas mereka, dan menyebabkan tiga orang tewas.

Dilansir BBC Kamis (12/3/2020), serangan terjadi pada Rabu pukul 19.35 waktu lokal, dengan penyelidikan pada saat ini masih dilangsungkan.

Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan, prajurit mereka yang gugur dalam serangan tersebut merupakan anggota Korps Medis Angkatan Darat.

Kemenhan menerangkan bahwa keluarga serdadu itu sudah diberi tahu, dan saat ini meminta waktu untuk berduka sebelum mengambil keputusan.

Menteri Pertahanan Ben Wallace langsung menyebut insiden itu "pengecut". "Kami tidak akan melupakan pengorbatannya, dan memastikan yang bertanggung jawab akan ditemukan," tegasnya.

Baca juga: Sosok Berkostum Prajurit Afghanistan Sempat Bertengkar Sebelum Bunuh 2 Tentara AS

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X