Kompas.com - 08/03/2020, 09:47 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Jakarta, 10 Januari 2020. AJENG DINAR ULFIANA/REUTERSMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi di Jakarta, 10 Januari 2020.

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi perwakilan Taliban, di sebuah konferensi ulama untuk mendukung proses perdamaian di Afghanistan.

Konferensi ini diadakan menyusul penandatanganan kesepakatan antara Taliban dengan Amerika Serikat (AS) akhir Februari lalu, yang bertujuan mengakhiri konflik selama 18 tahun di Afghanistan.

Konferensi akan digelar setelah perayaan Idul Fitri pada Mei.

"Kami berencana untuk itu (menjadi tuan rumah konferensi), semuanya sedang dalam proses," ucap Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, dikutip dari Arab News.

Retno menambahkan, konferensi ini berusaha memperkuat peran para ulama untuk mendorong perdamaian berkelanjutan di Afghanistan.

"Kami bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Doha dua minggu lalu untuk membahas persiapan," tutur wanita kelahiran Semarang tersebut.

Baca juga: AS, Taliban, dan Afghanistan Akan Diselidiki Terkait Kejahatan Perang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konferensi ulama tahun ini diharapkan dapat melibatkan perempuan juga.

Menurut Retno, pemberdayaan perempuan adalah bagian dari komitmen Indonesia untuk mewujudkan perdamaian di Afghanstan.

Wanita bernama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini berada di Kabul pada Minggu pekan lalu untuk meluncurkan Jaringan Solidaritas Perempuan Indonesia-Afghanistan.

Retno mengatakan bahwa memberdayakan perempuan berarti memberdayakan bangsa, dan bahwa berinvestasi pada perempuan juga berinvestasi dalam perdamaian.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Sembuh dari Virus Corona Belum Tentu Terjangkit Lagi | Taliban Bunuh 20 Polisi dan Tentara Afghanistan

Halaman:

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X