Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelontorkan Rp 7 Triliun, Bloomberg Mundur dari Pilpres AS Setelah Hasil Buruk Super Tuesday

Kompas.com - 05/03/2020, 10:46 WIB
Ericssen,
Miranti Kencana Wirawan

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Miliarder Michael Bloomberg mengumumkan mundur dari pertarungan pemilihan pendahuluan (primary) Partai Demokrat.

“Saya mencalonkan diri untuk mengalahkan Donald Trump. Hari ini saya mengakhiri kampanye saya juga untuk mengalahkan Donald Trump. Jika saya tetap melanjutkan kampanye, tujuan kita bersama akan semakin sulit tercapai,” tutur Bloomberg di Hotel Sheraton, New York, Rabu (4/3/2020) siang waktu setempat, dilansir oleh Politico.

Mantan Wali Kota New York ini menyatakan dukungannya kepada mantan Wakil Presiden Joe Biden untuk mengalahkan Trump pada pilpres November 2020.

“Sangat jelas kandidat yang dapat mengalahkan Trump adalah teman saya Joe Biden.”

Kampanye jor-joran tanpa hasil

Bloomberg selama ini dikenal sebagai seorang bankir Wall Street yang kemudian mendirikan perusahaan penerbitan yang belakangan menggunakan namanya sebagai nama medianya yang fokus pada pemberitaan industri keuangan.

Orang terkaya nomor sembilan di dunia versi majalah Forbes itu menggelontorkan 500 juta dollar AS kekayaannya (Rp 7,08 triliun) untuk membiayai kampanyenya dengan fokus iklan media massa dan media sosial di negara-negara bagian dengan jumlah delegasi besar.

Jumlah iklan yang dibelanjakan Bloomberg seorang hampir menyamai total biaya kampanye empat pesaingnya, yakni Biden, Senator Vermont Bernie Sanders, Senator Massachusetts Elizabeth Warren, dan mantan Wali Kota South Bend Pete Buttigieg.

Salah satu contoh kampanye mahalnya adalah blitz iklan TV berbiaya 37 juta dollar AS (Rp 524 miliar).

Selain belanja iklan, Bloomberg menghabiskan pundi-pundi kekayaannya untuk menggaji 300 staf kampanye, 200 orang di antaranya bekerja intensif di markas kampanyenya di New York.

Bloomberg menggaji para staf kampanyenya hingga 6.000 dollar AS atau Rp 85 juta per bulan. Gaji itu lebih tinggi 70 persen dibandingkan staf kandidat presiden lain yang hanya dibayar 3.500 dollar AS atau Rp 50 juta per bulan.

Baca juga: Pertarungan Capres Demokrat Mengerucut ke Joe Biden Vs Bernie Sanders

Namun, kampanye jor-joran itu tidak memberikan kemenangan yang diharapkan. Pebisnis berusia 78 tahun itu hanya mampu menang di satu wilayah, yaitu teritori Samoa Amerika pada hari pemilihan Super Tuesday.

Bloomberg tidak berdaya di negara bagian lain, termasuk di negara-negara bagian besar, seperti California, Texas, Virginia, dan Carolina Utara, di mana dia telah memasang iklan-iklan mahalnya.

Dari 14 negara bagian, hasil terbaik Bloomberg adalah peringkat ketiga di 9 negara bagian. Hasil buruk ini membuat dia hanya mendapatkan 53 delegasi, tertinggal jauh dari Biden yang saat ini memimpin dengan 566 delegasi.

Desakan mundur memang terus mengalir deras karena kekhawatiran Bloomberg akan memecah suara Biden, sesama bakal capres berideologi moderat.

Tentunya perpecahan ini akan menguntungkan Sanders yang ideologi kirinya telah menimbulkan kepanikan di kalangan elit partai yang menilainya terlalu radikal untuk mengalahkan Trump.

Baca juga: Mengejutkan, Joe Biden Unggul di Super Tuesday

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com