Kolega Dokter Pahlawan Li Wenliang Meninggal karena Virus Corona

Kompas.com - 03/03/2020, 17:54 WIB
Dokter Mei Zhongming asal Rumah Sakit Pusat di Wuhan, China, yang meninggal karena virus corona. Dia merupakan rekan dari Li Wenliang, dokter yang dianggap pahlawan karena mencoba memperingatkan akan bahaya virus tersebut. Global Times via BBCDokter Mei Zhongming asal Rumah Sakit Pusat di Wuhan, China, yang meninggal karena virus corona. Dia merupakan rekan dari Li Wenliang, dokter yang dianggap pahlawan karena mencoba memperingatkan akan bahaya virus tersebut.

WUHAN, KOMPAS.com - Seorang dokter di Wuhan, China, yang menjadi rekan dokter pahlawan Li Wenliang dilaporkan meninggal dunia karena virus corona.

Berdasarkan laporan media setempat Global Times via BBC Selasa (3/3/2020), dokter yang meninggal tersebut bernama Mei Zhongming.

Dokter Mei disebut bertugas Rumah Sakit Pusat Wuhan. "Dia dilaporkan meninggal karena virus corona terbaru pada Selasa," ulas Global Times.

Baca juga: Dokter yang Peringatkan Virus Corona Meninggal, Dampak Obsesi China akan Stabilitas

Sementara CNN melaporkan, Dr Mei Zhongming yang berusia 57 tahun disebut dokter kepala sekaligus wakil direktur ophthalmology di RS Pusat Wuhan.

Dia disebut tidak hanya kolega. Namun juga atasan Dr Li Wenliang yang meninggal karena virus dengan nama resmi SARS-Cov-2 itu pada 7 Februari.

"Pihak rumah sakit menyampaikan belasungkawa yang dalam atas kabar kematian Dr Mei," demikian keterangan RS yang diwartakan CNN.

Li dianggap sebagai pahlawan di China setelah dia berusaha mengungkapkan ke publik berbahayanya virus yang diyakini berasal dari Pasar Seafood Huanan tersebut.

Dokter berusia 34 tahun tersebut pertama kali menemukan kengerian virus yang menyebabkan penyakit Covid-19 pada Desember lalu.

Dia kemudian mencoba memperingatkan koleganya akan bahaya virus tersebut. Namun tak lama kemudian, dia didatangi oleh polisi.

Li dianggap telah menimbulkan keresahan publik dan diminta untuk menandatangani surat peringatan, dengan ancman dia bakal dipenjara jika mengulanginya.

Baca juga: Berusaha Peringatkan akan Wabah Virus Corona, Dokter Ini Didatangi Polisi

Halaman:
Baca tentang

Sumber CNN,BBC
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X