Indonesia Umumkan Kasus Pertama Virus Corona, Begini Pemberitaan Media Internasional

Kompas.com - 02/03/2020, 12:50 WIB
Ini adalah gambar mikroskop elektron transmisi yang menunjukkan coronavirus baru yang muncul dari permukaan sel manusia. Ini adalah gambar mikroskop elektron transmisi yang menunjukkan coronavirus baru yang muncul dari permukaan sel manusia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengumuman kasus pertama virus corona yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi pemberitaan media internasional.

Presiden Jokowi menyatakan, pasien virus yang menyebabkan penyakit dengan nama resmi Covid-19 adalah ibu dan anak berusia 64 serta 31 tahun.

Pemimpin asal Solo itu menuturkan, keduanya terinfeksi dari warga negara Jepang, di mana tim dari Kementerian Kesehatan langsung melakukan penelusuran.

Baca juga: Dua Orang di Indonesia Diduga Tertular Virus Corona dari Warga Jepang

Dia menjelaskan, si warga Jepang itu baru terdeteksi virus corona setelah meninggalkan Indonesia, do mana dia terdeteksi saat berada di Malaysia.

Media internasional seperti Agence Frence-Presse (AFP), merilis artikel dengan judul Indonesia confirms first coronavirus cases.

Kantor berita asal Perancis itu mengutip pernyataan Menteri Kesehatan, Dr Terawan Agus Putranto, bahwa ibu dan anak itu terbukti positif setelah tes di Jakarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Keduanya berada dalam situasi kondisi yang baik. Mereka tidak mempunyai kesulitan pernapasan yang serius," ujar Dr Terawan kepada awak media.

Kemudian media yang berasal dari Singapura, Straits Times yang mengutip Jakarta Post memberikan judul Indonesia confirms two coronavirus cases: President Jokowi.

Mengutip pernyataan Jokowi, warga Jepang itu positif terpapar virus corona pada 27 Februari di Malaysia, setelah sebelumnya berkunjung ke Indonesia pada awal bulan lalu.

Presiden ketujuh RI itu menerangkan bahwa pemerintahannya sudah siap untuk menangani virus yang diyakini berasal dari Pasar Seafood Huanan, Wuhan, tersebut.

Baca juga: INFOGRAFIK: Gejala dan Cara Pencegahan Virus Corona

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.