Pertama Kali di Jepang, Pasien yang Sembuh dari Virus Corona Kembali Terinfeksi

Kompas.com - 28/02/2020, 12:00 WIB
Seorang pejalan kaki melintas di National Stadium, lokasi digelarnya seremoni pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (27/2/2020). KIMIMASA MAYAMASeorang pejalan kaki melintas di National Stadium, lokasi digelarnya seremoni pembukaan dan penutupan Olimpiade 2020 Tokyo, Kamis (27/2/2020).

OSAKA, KOMPAS.com - Kasus kambuhnya virus corona muncul pertama kali di Jepang, di mana korbannya merupakan seorang perempuan berusia 40 tahun.

Dilansir dari Sky News, pemerintah Osaka mengonfirmasi seorang wanita yang bekerja sebagai pemandu di bus wisata itu terinfeksi Covid-19 untuk kedua kalinya.

Wanita asal Osaka itu dinyatakan mengidap virus corona untuk kedua kalinya pada Rabu (26/2/2020), setelah mengalami sakit tenggorokan dan nyeri di dada.

Dia sebelumnya menderita virus corona pada akhir Januari dan diperbolehkan keluar dari rumah sakit pada 1 Februari 2020.

Baca juga: Atasi Penyebaran Virus Corona, SM Entertainment Donasikan Rp 5,7 Miliar

Terjadinya infeksi ulang ini membuat para pakar kesehatan khawatir, bahwa virus ini masih bisa aktif lagi walau penderitanya telah pulih.

Philip Tierno, seorang profesor di bidang mikrobiologi dan patologi di New York University mengatakan, "Sekali Anda terkena infeksi, (virus) itu bisa kambuh dengan gejala minor."

"Lalu penyakit itu semakin memburuk setelah sampai di paru-paru," lanjutnya sebagaimana dikutip dari Sky News.

Profesor Tierno juga menuturkan, Olimpade 2020 yang bertempat di Tokyo musim panas ini seharusnya ditunda jika situasi belum membaik.

Meski begitu, para ofisial kejuaraan bersikeras ajang empat tahunan tersebut akan tetap digelar seperti rencana semula.

Baca juga: Nasib Olimpiade Tokyo 2020: Berpeluang Dibatalkan daripada Ditunda atau Pindah Lokasi

Tindakang Jepang

Sementara itu, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menginstruksikan ajang olahraga dan acara-acara kebudayaan harus dibatalkan atau dibatasi selama dua minggu ke depan.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Sky News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X