Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kampus di China Beri Waktu Libur Khusus untuk Mencari Pacar

Ini karena tingkat kelahiran di negara itu mengalami penurunan tajam dalam beberapa tahun terakhir.

Salah satunya terjadi pada Perguruan Tinggi Kejuruan Terbang Mianyang, satu dari sembilan perguruan tinggi yang dijalankan oleh Grup Pendidikan Fan Mei.

Dilansir dari Komo News, sekolah ini pertama kali mengumumkan liburan musim semi pada 21 Maret, yang memiliki fokus khusus pada romansa.

Waktu libur yang berlangsung dari 1 April hingga 7 April ini mendorong siswa untuk belajar mencintai alam, kehidupan, dan menikmati cinta melalui liburan musim semi.

"Saya berharap siswa dapat pergi melihat air dan pegunungan hijau dan merasakan nafas musim semi. Ini tidak hanya akan memperluas wawasan siswa dan menumbuhkan sentimen mereka, tetapi juga memperkaya dan memperdalam konten pengajaran di kelas," kata Liang Guohui, wakil dekan Sekolah Kejuruan Terbang Mianyang.

Surat kabar China Youth Daily mengatakan para siswa, selain diberikan pekerjaan rumah, juga harus menulis buku harian, merekam pertumbuhan pribadi dan merekam video perjalanan mereka.

Sekolah juga menyelenggarakan pameran pekerjaan rumah liburan musim semi setelah mereka kembali.

Menurut New York Times, 9,56 juta orang lahir di China tahun lalu, sementara 10,41 juta meninggal.

Ini adalah pertama kalinya kematian melebihi jumlah kelahiran sejak Lompatan Jauh ke Depan, eksperimen ekonomi yang gagal oleh mantan diktator Mao Zedong yang berlangsung dari akhir 1950-an hingga awal 1960-an.

Seperti yang dilaporkan Reuters, negara itu memiliki kebijakan satu anak antara tahun 1980 dan 2015.

Pejabat menaikkan batas menjadi tiga anak pada tahun 2021, tetapi pasangan masih enggan memiliki anak bahkan selama penguncian Covid-19.

Orang yang lebih muda menyebutkan biaya pengasuhan anak yang tinggi, pendapatan rendah dan ketidaksetaraan gender sebagai alasan untuk tetap bebas anak.

https://www.kompas.com/global/read/2023/04/02/121500170/kampus-di-china-beri-waktu-libur-khusus-untuk-mencari-pacar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke