Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bantu Teman Dekat Putin Pindahkan Dana, 4 Bankir Swiss Kena Getahnya

Mereka dinilai melakukan kejahatan keuangan di Swiss.

Keempatnya dinyatakan bersalah pada hari Kamis (30/3/2023) karena gagal melakukan pemeriksaan yang tepat atas transaksi keuangan yang melibatkan rekening Roldugin dengan cabang bank Rusia Gazprombank di Swiss.

Dilansir dari Guardian, Roldugin, seorang pemain cello dari St Petersburg, telah mengenal Putin sejak mereka bertemu pada tahun 1970-an di Uni Soviet.

Dia memperkenalkan presiden Rusia kepada mantan istrinya Lyudmila Putina dan ayah baptis putri sulung Putin, Maria.

Urusan keuangan rahasia sang musisi terungkap pada tahun 2016, sebagai bagian dari kebocoran jutaan dokumen dari Mossack Fonseca, firma hukum lepas pantai terbesar keempat di dunia.

Panama Papers mengungkap jaringan kesepakatan lepas pantai dan pinjaman besar senilai 2 miliar dollar AS, dengan jejak yang mengarah ke Putin.

Bocoran tersebut, yang diterbitkan oleh Guardian dan konsorsium jurnalis internasional, menunjukkan bahwa Roldugin adalah wakil dari kekayaan tersembunyi presiden.

Pemain cello itu diduga salah satu dari beberapa "dompet", termasuk anggota keluarga dan teman tepercaya.

Eksekutif perbankan membantu Roldugin menyetor uang dalam jumlah besar antara 2014 dan 2016 di rekening bank swasta Swiss.

Orang-orang itu, yang tidak dapat diidentifikasi di bawah pembatasan pelaporan Swiss, dinyatakan bersalah pada sidang di pengadilan distrik Zurich dan diberi denda yang ditangguhkan dengan total ratusan ribu franc Swiss.

Salah satunya memiliki paspor Inggris sekaligus kewarganegaraan Rusia.

Dua lainnya adalah warga negara Rusia, dan yang keempat adalah warga negara Swiss.

Kasus tersebut menyoroti bagaimana orang-orang seperti Roldugin digunakan sebagai cara untuk menyembunyikan pemilik uang yang sebenarnya.

Di Swiss, bank wajib menolak atau memutuskan hubungan bisnis jika ada keraguan tentang identitas pihak yang melakukan kontrak.

Keempat eksekutif membantu Roldugin mengoperasikan dua rekening bank di Gazprombank di Zurich, di mana jutaan franc mengalir, tanpa melakukan uji tuntas yang memadai, kata pengadilan.

Dokumen yang ditemukan di Panama Papers termasuk paspor Roldugin dan formulir untuk membuka rekening bank Swiss.

https://www.kompas.com/global/read/2023/03/31/184500470/bantu-teman-dekat-putin-pindahkan-dana-4-bankir-swiss-kena-getahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke